Sponsors Link

27 Manfaat Air Cucian Beras Putih dan Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sponsors Link

Manfaat air cucian beras bagi kesehatan sebenarnya sudah melegenda bagi bangsa Indonesia, dimana telah dimanfaatkan begitu banyak orang. Namun belakangan ini tren penggunaan herbal alami ini sudah mulai menurun dibandingkan zaman dahulu.

ads

Manfaat Air Tajin Beras Putih

Cucian air beras sebenarnya sudah banyak digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk minuman pendamping bagi anak-anak yang masih bayi. Walaupun tidak dapat sepenuhnya menggantikan peran ASI, cucian air beras termasuk cukup sehat untuk diminum. Cucian air beras sendiri memiliki berbagai manfaat, di antaranya:

1. Dapat menambah energi

Seperti yang kita ketahui bahwa beras sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan dapat menjadi sumber energi untuk kebutuhan sehari-hari. Air cucian beras juga mengandung karbohidrat sehingga dapat menjadi minuman penambah energi. Tak hanya bagi anak-anak, air tajin ini dapat diminum oleh orang dewasa sebagai penambah energi. Jadi tak perlu bingung memilih minuman penambah energi yang ada di pasaran. Air tajin sendiri sudah memiliki kandungan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Air tajin ternyata juga dapat mengatasi masalah pencernaan yaitu gastroentritis dan sembelit. Gastroentritis merupakan penyakit asam lambung berlebih. Air tajin dapat digunakan untuk menetralkan asam lambung tersebut. Minumlah air tajin secara rutin untuk meredakan masalah maag yang mengganggu. Selain itu, air tajin juga dapat mengatasi masalah sembelit. Masalah sembelit tidak boleh dianggap remeh karena ini cukup penting untuk membuat tubuh menjadi bersih dari kotoran. Minumlah air tajin yang hangat dan kental untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut.

3. Mencegah Kanker

Air tajin mengandung karbohidrat seperti nasi, namun hanya berupa sarinya saja. Sari beras yang terdapat dalam air tajin ternyata dapat mencegah munculnya kanker dalam tubuh. Jadi selain mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, bisa dibarengi dengan meminum air tajin untuk meningkatkan kesehatan.

4. Mencegah pikun atau alzheimer

Air tajin memiliki nutrisi yang baik untuk otak dan syaraf-syarafnya. Orang lanjut usia bisa meminum air tajin pada pagi hari untuk menghindari pikun atau alzheimer. Selain itu aktivitas otak juga perlu terus dilakukan sehingga tidak mudah pikun.

5. Mengobati panas dalam

manfaat air cucian beras yang berikutnya adalah untuk mengobati panas dalam. Air cucian beras sejak jaman dahulu telah digunakan untuk berbagai masalah yang ditimbulkan pada saat panas dalam. Entah bagaimana hubungannya dengan panas dalam, tapi ramuan ini telah digunakan semenjak jaman dahulu.

6. Meringankan Sariawan

Masih terkait dengan poin 5, sariawan merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh panas dalam, air cucian beras dapat mengobati sariawan yang disebabkan oleh panas dalam.

7. Meringankan sakit tenggorokan

Masih ingat di waktu kecil, ibu sering memberikan bekas air cucian beras pada saat sakit tenggorokan ? nah, ternyata khasiat air cucian beras juga dapat mengatasi sakit tenggorokan.

8. Zaman dahulu digunakan untuk bayi

Air tajin adalah air pengganti susu formula yang mana zaman dahulu masih kesulitan membeli susu. Sakin susahnya banyak anak anak yang diberi air tajin sebagai pengganti  susu formula.

9. Sangat baik untuk kulit

ads

Kulit yang diolesi air cucian beras sangat efektif untuk melembutkan dan membersihkan kulit dari berbagai kotoran hingga mencegah penuaan dini.

10. Mencegah penuaan dini

Membasuh muka dengan cucian beras juga dapat membersihkan wajah dari kulit mati hingga menjadikannya awet muda.

Tentang beras lainnya :

Manfaat nasimanfaat air berasmanfaat beras merah

Manfaat Air Tajin Beras Merah

Manfaat air cucian beras merah juga dapat dimanfaatkan. Setelah kita tahu berbagai manfaat air tajin beras putih, maka selanjutnya kita akan membahas tentang air tajin beras merah. Beras merah sendiri dikenal lebih sehat daripada beras putih sehingga lebih disarankan untuk dikonsumsi terutama bagi yang menderita penyakit. Karena kandungannya yang lebih sehat dari beras putih, maka air tajin beras merah juga memiliki manfaat yang lebih baik daripada air tajin beras putih. Beberapa manfaat air tajin beras merah antara lain:

1. Sebagai masker wajah

Manfaat air tajin sebagai masker wajah sebenarnya juga bisa didapatkan dari air tajin beras putih. Nah, beras merah juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Cara utuk menggunakannya yaitu dengan mencampurkan air tajin dengan madu. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan ramuan masker tersebut. Masker wajah dari air tajin sendiri akan membuat wajah menjadi halus dan lebih cerah. Kandungan beras memang dapat membantu meregenerasi sel kulit yang rusak dan mati. Selain itu beras mengandung oryzanol, fungsinya untuk memperbarui pigmen melamin kulit serta tabir surya. Di Indonesia sendiri, masker wajah dari beras dapat ditemukan dalam berbagai produk instan ataupun tradisional. Khususnya di Kalimantan Selatan, para wanita di daerah tersebut menggunakan air beras sebagai masker untuk menjaga kebersihan dan kehalusan kulit wajah.

2. Mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari

Sinar matahari yang terlalu terik dan dalam waktu lama dapat mengakibatkan kulit menjadi terbakar. Bagi orang-orang yang kulitnya sensitif mereka akan mudah sekali terbakar karena sinar matahari jika tidak menggunakan pelindung ataupun tabir surya. Air tajin atau air cucian beras merah ternyata mampu untuk membantu mengobati kulit yang terbakar tersebut. Cara menggunakannya yaitu cukup dengan mengoleskan air tajin dingin pada kulit yang terbakar. Lakukan secara rutin agar kulit bisa dapat segera sembuh.

3. Mencerahkan bibir

Bibir yang gelap bisa disebabkan oleh banyak faktor misalnya merokok, obat-obatan, polusi, dan lain-lain. Bagi para wanita, tentu saja bibir yang gelap tersebut dapat mengganggu penampilan. Ada banyak produk pencerah bibir di pasaran, namun jika ingin produk yang alami maka bisa menggunakan air tajin. Air tajin cukup dioleskan pada bibir setiap hari dan berulangkali sehingga bibir menjadi lebih cerah.

4. Sebagai lulur

Memiliki kulit tubuh yang halus dan cerah tentu menjadi idaman. Air tajin tidak hanya bisa menghaluskan kulit wajah saja namun juga keseluruhan kulit tubuh. Cara membuat lulur dari air tajin yaitu dengan mencampurkan air tajin dengan pasta almond. Setelah tercampur rata maka balurkan ke seluruh tubuh. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan dengan air. ini bisa dipakai beberapa kali dalam seminggu untuk menjaga kulit agar tetap cerah, halus, dan kencang.

5. Menjaga kesehatan jantung

Masalah penyakit jantung merupakan masalah yang perlu diwaspadai karena jika terlambat akan fatal akibatnya. Air tajin beras merah dapat dijadikan salah satu solusi untuk menjaga kesehatan jantung. Air tajin sendiri mengandung vitamin E dan magnesium. Kedua kandungan tersebut memang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Cukup minum air tajin secara teratur sehingga kesehatan jantung dapat terjaga dan akan mengurangi risiko terkena stroke.

6. Menjaga kadar kolesterol dalam darah

Meminum air tajin secara teratur juga dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah. Air tajin mengandung zat-zat yang ada dalam beras kecuali laktosa. Hal tersebut membuat air tajin menjadi aman untuk dikonsumsi bagi orang yang ingin menjaga keseimbangan kolesterol tubuh.

7. Mengurangi berat badan

Air tajin biasanya dipakai untuk menggantikan susu, terutama bagi yang alergi terhadap susu. Selain bisa diminum oleh orang yang alergi terhadap susu, air tajin juga rendah kalori dan mengandung berbagai nutrisi baik yang diperlukan. Jadi sebagai alternatif susu, air tajin tidak akan menyebabkan kegemukan atau dapat mengurangi berat badan.

Itulah berbagai manfaat dari air tajin, baik itu air tajin beras putih ataupun air tajin beras merah. Air tajin sendiri mudah didapatkan dan diolah. Cucian air beras sendiri memang bisa langsung digunakan asalkan menggunakan air yang bersih. Selain dari cucian air beras, beras dan air bisa dihaluskan dan diambil sarinya. Jadi kita bisa mendapatkan manfaat yang banyak dari beras merah ataupun beras putih, tak hanya dikonsumsi sebagai nasi namun juga diambil sarinya untuk berbagai kebutuhan baik itu kecantikan ataupun kesehatan tubuh.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 03rd, January 2016 / 07:13 Oleh :
Kategori : Minuman