Sponsors Link

16 Manfaat Air Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Buah yang satu ini memang sudah terkenal dengan khasiatnya sejak zaman dahulu. Pada zaman dulu masyarakat banyak memanfaatkan buah mengkudu untuk menjadi obat berbagai jenis penyakit. Namun buahnya yang memiliki rasa sangat pahit ini membuat sebagian orang tidak menyukai buah ini. Mengkudu memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik dan berguna bagi kesehatan tubuh kita.

ads

Kandungan buah mengkudu :

  • Protein
  • Vitamin
  • Mineral
  • Selenium
  • Xeronine
  • Plant sterois
  • Alizarin
  • Lycine
  • Sosium
  • Caprylic acid
  • Arginine
  • Proxeronine
  • Antra quinines
  • Trace elemens
  • Phenylalanine
  • Magnesium
  • Terpenoid
  • Zat anti kanker

Manfaat air buah mengkudu :

1. Mengatasi sakit kepala

Terdapat kandungan analgesik sebesar 75% mengalahkan molfin sulfay yang berguna untuk meredakan rasa nyeri. Itulah penyebabnya orang-orang pada zaman dahulu banyak menggunakan buah mengkudu sebagai obat pereda sakit kepala.

2. Mengatasi hipertensi

Air rebusan buah mengkudu dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal kembali. Kadar xeronine dalam buah mengkudu berfungsi untuk menormalkan kembali tekanan darah yang meningkat. Selain itu zat fitonutrien scoopoletin berguna melebarkan pembuluh darah untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Mengatasi gangguan pencernaan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti perut kembung, muntah, luka pada usus halus, dan radang lambung dapat diobati dengan cara mengkonsumsi air rebusan buah mengkudu setiap hari secara rutin. Kandungan serat yang terdapat dalm buah mengkudu berguna untuk melancarkan pencernaan.

4. Anti inflamasi

Buah mengkudu telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan, karena memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu juga dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kadar mineral, vitamin, asam amino, peptida, dan enzim pada buah mengkudu mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Seseorang dengan sistem imun yang rendah mudah sekali terserang penyakit.

6. Anti bakteri

Senyawa antrakuinon dan terpana dalam buah mengkudu memiliki sifat anti bakteri. Sehingga dapat memelihara kulit dari serangan parasit dan jamur yang menyebabkan penyakit kulit.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol yang tinggi juga merupakan kondisi yang membahayakan bagi seseorang. Dengan mengkonsumsi air rebusan mengkudu setiap hari secara rutin akan membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

8. Mencegah resiko kanker

Buah mengkudu memiliki kadar antioksidan yang tinggi, itulah sebabnya mengkonsumsi buah mengkudu sangat baik untuk mencegah sel kanker dan mengatasi penyebaran sel kanker dalam tubuh.

9. Mengatasi asam urat

Asam urat dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Asam urat ditandai dengan muncul rasa kram saat malam, kaki terasa sangat dingin, dan banyak lagi. Kandungan dari zat iridoid dalam buah mengkudu dapat mengatasi penyakit asam urat ini.

ads

10. Mengatasi penyakit diabetes

Zat proxeronine merupakan zat yang bisa mengobati diabetes, baik itu diabetes kering maupun basah. Diabetes basah sangat berbahaya apabila terluka, karena luka itu bisa menginfeksi organ yang ada disekitarnya dan harus dilakukan amputasi. Air buah mengkudu mengandung zat proxeronine yang mampu mengobati diabetes.

11. Melancarkan peredaran darah

Zat scoopoletin dalam buah mengkudu berguna untuk melancarkan peredaran darah. Hal itu terjadi karena scoopoletin mampu melebarkan pembuluh darah dan pembuluh darah yang lebar dapat melancarkan peredaran darah.

12. Mengobati penyakit batuk

Air rebusan buah mengkudu bermanfaat untuk meredakan batuk dan juga menghilangkan batuk. Zat anti bakteri yang ada dalam buah mengkudu berguna untuk menghilangkan rasa gatal dan membubuh kuman yang ada di tenggorokan.

13. Mengobati sakit kuning

Sakit ini bisa dilihat ciri-cirinya antara lain bagian tubuh yang menguning, berat badan terus menurun, kulit keriput. Sebuah penelitian menyebutkan dengan mengkonsumsi air dari buah mengkudu mampu mengatai peenyakit ini.

14. Mengatasi racun makanan

Zat anti bakteri dalam buah mengkudu bisa menetralisir bakteri yang ada dalam makanan yang beracun. Makanan beracun bisa disebabkan oleh tanggal kadaluarsa yang sudah lewat atau makanan tersebut menggunakan bahan yang tidak higienis.

15. Mengobati radang kulit

Penyakit ini seperti munculnya warna kemerahan pada permukaan kulit. Zat scoopoletin dalam buah mengkudu bisa mengobati penyakit ini dengan cepat.

16. Menyembuhkan sakit gigi

Buah mengkudu dapat menggantikan obat antibiotik, karena dalam buah mengkudu terdapat zat anti bakteri. Oleh karena itu dapat meredakan sakit gigi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 08th, April 2016 / 09:23 Oleh :
Kategori : Buah Buahan