Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Hormon Adrenalin Bagi Tubuh

Sponsors Link

Hormon Adrenalin, dihasilkan oleh kelenjar adrenal yang berada di dalam tubuh. Adrenalin memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh dimana salah satunya adalah untuk merangsang berbagai macam fungsi tubuh. Pernahkah anda merasakan jantung berdebar- debar lebih cepat dari biasanya? Jika iya itu berarti kelenjar adrenal anda tengah memproduksi hormon adrenalin secara berlebihan, sehingga kerja jantung meningkat. Jika hal ini terjadi maka pembuluh darah akan menyempit dan menyebabkan tekanan darah naik.

Hormon adrenalin juga bisa mempengaruhi kinerja otak. Stimulasi hormon adrenalin dapat meningkatkan rasa was- was, takut sekalipus waspada. Ketika otak telah waspada, maka indra manusia akan menjadi lebih sensitif dan aktif.

1. Meningkatkan Kemampuan Tubuh

Saat masa stres, adrenalin akan melebarkan pembuluh darah serta membuka saluran udara. Hal ini dapat membuat darah mampu mencapai otot-otot sehingga memungkinkan kita untuk bernapas menjadi lebih baik. Adrealin tidak hanya berguna dalam meningkatkan kemampuan tubuh melainkan juga berguna dalam pengambilan keputusan.  Ketika anda memilih “melawan” maka tubuh dengan sendirinya akan menghasilkan adrenalin lebih dari biasanya untuk menangani situasi yang tengah anda hadapi. Sementara jika anda lebih memilih “lari”, maka tingkat adrenalin pada tubuh akan menurun dan kembali lagi ke fungsi normalnya seperti sedia kala.

Memahami adrenalin yang dihasilkan oleh tubuh, memungkinkan anda dalam membuat keputusan untuk terlibat ataupun tidak terlibat dalam sebuah masalah yang ada. Dalam bermacam hal, adrenalin dapat digunakan untuk mengesampingkan keterbatasan atau bahkan hambatan fisik yang dimiliki oleh seseorang. Sehingga tidak heran jika berada dalam keadaan terdesak atau berbahaya maka seseorang dapat melakukan hal yang tak terpikirkan sebelumnya.

Solusi untuk meningkatkan kemampuan tubuh lainnya :

2. Stimulus Bagi Otak

Hormon adrenalin yang dihasilkan oleh tubuh dapat berguna sebagai stimulus atau rangsangan bagi otak. Dalam hal ini adrenalin dapat meningkatkan kewaspadaan serta rasa siaga seseorang. Bukan hanya sekedar rasa waspada melainkan juga dapat membuat panca indra menjadi lebih peka atau sensitif sehingga lebih cepat dalam bereaksi. Ketika seseorang dalam kondisi marah atau saat ketakutan dan stress, maka adrenalin seseorang akan naik. Naiknya hormon Adrenalin ini juga bisa terjadi ketika kita melakukan kegiatan-kegiatan yang menegangkan seperti saat berdiri di ketinggian atau saat kita tengah bermain rolling coaster.

Adrenalin yang dihasilkan dapat secara efektif mengcounter fisik serta situasi yang menimbulkan stres cukup tinggi. Keberadaan adrenalin memungkinkan kita untuk melakukan tindakan yang membutuhkan kecepatan tinggi serta meningkatkan kinerja fisik saat berada di kondisi yang tak terduga. Ketika seseorang berada pada kondisi tak terduga tersebut, maka maka tubuh akan mengirim oksigen lebih banyak menuju paru-paru.

sponsored links

Ada banyak hal tak terduga di sekitar kita seperti saat ada bencana alam atau keadaan darurat yang lain. pada saat- saat tersebut, tubuh mampu melakukan tugas- tugas tertentu dalam waktu yang tepat. Tugas- tugas tersebut tidak akan mampu dilakukan tanpa menerapkan adrenalin.

Solusi untuk stimulus otak lainnya :

3. Pengobatan Penyakit

Hormon adrenalin juga bisa digunakan sebagai obat untuk beragam jenis penyakit. Adalah syok anafilaksis serta reaksi alergi yang parah yang bisa diobati menggunakan adrenalin. Penggunaan adrenalin akan mampu membuat pasien dengan gejala gangguan kesehatan tersebut menjadi lebih tenang sehingga fungsi tubuh akan kembali menjadi normal. Namun perlu diketahui, pemberian adrenalin untuk kesehatan, sebaiknya diberikan oleh orang yang telah profesional di bidangnya atau dari mereka yang telah memiliki lisensi. Karena jika tidak, maka bagi anda yang telah familiar dengan proses pemberian adrenalin sekalipun, hasilnya bisa fatal dan berakibat buruk. Resiko kesehatan yang ditimbulkan tidak main- main seperti gangguan jantung, gangren atau bahkan menyebabkan timbulnya serangan jantung.

Ada begitu banyak manfaat adrenalin bagi tubuh serta kesehatan manusia terlebih jika digunakan secara tepat. Manfaat adrenalin yang paling utama adalah ketika anda berada dalam situasi yang genting dan takterduga. Semakin anda paham penggunaan adrenalin, maka akan semakin baik pula kemampuan anda dalam mengatasi situasi yang berbahaya. Adrenalin dapat mendorong parameter fisik tubuh seseorang sehingga memungkinkan anda dalam melakukan hal atau tindakan yang luar biasa. Bahkan dalam keadaan genting sekalipun, adrenalin akan membantu seseorang dalam melakukan hal yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Kelenjar yang Memproduksi Adrenalin

Adrenalin diproduksi oleh kelenjar adrenal yang terletak di atas ginjal atau lebih tepatnya sekitar 3 inci panjangnya. Saat kelenjar adrenal aktif, kelenjar adrenal akan menghasilkan hormon yang mampu membantu tubuh dalam situasi yang penting dan tak biasa. Ketika tubuh manusia meresponnya dengan baik maka anda bisa lebih fokus pada sesuatu pekerjaan. Tidak hanya itu, namun hormon ini juga membantu manusii dalam bersenang- senang. Contoh kecilnya saja, ketika anda tengah melakukan olahraga atau aktivitas yang menantang nyali maka produksi adrenalin sangat diperlukan dalam hal ini. Ada banyak aktivias ekstrem yang memicu adrenalin layaknya rolling coster, berada di ketinggian atau kegiatan yang menantang nyali lainnya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 22nd, April 2016 / 06:09 Oleh :
Kategori : Kesehatan