Sponsors Link

Manfaat Adanya Rumusan Definitif Pancasila

Sponsors Link

Rumusan pancasila yang juga merupakan ideologi bangsa merupakan pancasila yang telah secara definitif ditetapkan dan disepakati oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Rumusan definitif pancasila terdapat pada pembukaan UUD 1945 yang terdapat pada alinea 4. Adapun manfaat rumusan definitif pancasila memiliki manfaat untuk dipahami, disosialisasikan, dipertahankan serta dipedomani.

Adapun yang dimaksud dengan definitif pancasila adalah rumusan naskah pancasila yaitu:

  1. Ketuhanan yang maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawatan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Keberadaan definitif pancasila merupakan hal yang penting karena termasuk pada pokok ideologi pancasila yang berfungsi untuk :

  • Mempersatukan bangsa, memelihara serta untuk mengukuhkan persatuan serta kesatuan
  • Membimbing serta mengarahkan bangsa untuk menuju pada tujuannya
  • Memberikan tekad untuk memelihara serta mengembangkan identitas bangsa
  • Untuk menyoroti kenyataan yang ada serta untuk mengkritisi upaya untuk mewujudkan cita- cita yang terdapat pada pancasila

Pancasila memiliki kedudukan yang begitu tinggi dalam berbangsa dan bernegara di Indonesia. Pancasila memiliki fungsi tertenytu yang tidak dimiliki oleh negara lain di dunia. Keberadaan pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang menjadi sumber dari segala hukum yang berlaku di indonesia sehingga tidak heran jika Pancasila digunakan untuk mengatur penyelenggaraan negara kita.

Bukan hanya digunakan sebagai sumber hukum namun keberadaan pancasila juga digunakan sebagai pandangan hidup negara kita. Dalam hal ini pancasila adalah sebagai pemberi petunjuk untuk mencapai kesejahteraan serta kebahagiaan lahir batin bagi masyarakat Indonesia yang memiliki sifat beragam.

Pancasila sendiri mampu memberikan corak yang begitu khas bagi bangsa Indonesia yang kebaradaannya tidak dapat dipisahkan dari bangsa kita. Keberadaan pancasila mampu menjadi pembeda negara kita dengan negara yang lain. Penetapan Pancasila sebagai ideologi bangsa telah disepakati oleh para wakil negara Indonesia menjelang maupun setelah proklamasi. Keberadaan pancasila merupakan sebuah sarana ampuh dalam mempersatukan bangsa serta untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa.

Info terkait lainnya :

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 23rd, May 2016 / 08:09 Oleh :
Kategori : Sosial