Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Manfaat Acara 7 Bulanan

Sponsors Link

Kehamilan merupakan salah satu anugerah terindah yang pernah dialami oleh suatu keluarga. Dengan kehamilan, berarti sesaat lagi akan hadir anggota keluarga baru yang harus diurus dan hal ini tentu saja akan meningkatkan tanggung jawab dari orang tuanya, baik itu dari segi materi dan non materi. Kehamilan sendiri merupakan suatu proses yang terjadi selama kurang lebih 9 bulan, dimana bayi atau janin yang berada pada rahim ibunya haruslah mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Selain itu, sang ibu yang sedang mengandung juga tidak boleh berada dalam kondisi pikiran yang berat, seperti stress, karena hal ini akan mempengaruhi kondisi dari bayi yang dikandungnya tersebut.

Asal Mula Acara 7 Bulanan

manfaat acara 7 bulananDengan adanya kehamilan ini, maka akan muncul pula lah berbagai macam ritual dan juga acara adat yang ditujukan untuk banyak hal, yang berkaitan dengan kondisi kehamilan. Salah satu acara yang dilakukan untuk mensyukuri adanya kehamilan adalah acara 7 bulanan, atau juga sering dikenal dengan nama “nujuh bulanan”. Acara ini sudah banyak berkembang di masyarakat dan bukan hanya dilakukan oleh adat tertentu. Biasanya di dalam acara 7 bulanan ini terdapat berbagai macam ritual yang memiliki tujuan tertentu.

Sebagai salah satu acara adat yang serung dilakukan, acara 7 bulanan ini pastinya memiliki banyak sekali manfaat. Lalu, apa sajakah manfaat dari acara 7 bulanan ini? berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Ungkapan rasa syukur

Manfaat acara 7 bulanan yang paling penting adalah sebagai salah satu ungkapan syukur yang dipanjatkan kepada Sang Pencipta. Dengan diadakannya acara 7 bulanan ini, maka para keluarga berkumpul untuk memanjatkan rasa syukur atas usia kehamilan yang sudah melewati masa kritis. Dengan diadakannya acara ini, berarti kesehatan janin selama 6 bulan pertama sudah terjaga dengan baik. dan kini saatnya untuk menatap proses persalinan yang akan melahirkan bayi.

Rasa syukur ini dilakukan dengan mengadakan suatu acara yang hingga kini sering kita kenal dengan nama acara 7 bulanan

2. Berbagi kepada sesama

Pada acara 7 bulanan adalah dapat menjadi salah satu ajang untuk berbagi dengan sesama. Hal ini dapat dilihat dari susunan acara ketika melakukan acara 7 bulanan. Salah satu acara yang dilibatkan adalah acara makan bersama dan juga pembagian besek makanan kepada tetangga-tetangga sekitar. Inilah yang dimaksud dengan berbagi dengan sesama. Kita yang sedang merasa bahagia karena sudah melalui masa kehamilan kritis haruslah bisa membagikan kebahagiaan yang kita rasakan dengan sesama kita.

Selain itu, ada manfaat lain dari saling berbagi dengan sesama yaitu orang lain yang juga akan mendoakan kita dengan hal-hal yang baik. Hasil penelitian mengatakan, apabila kita mampu membawa aura positif yang dalam hal ini berarti berbagi kebahagiaan, maka kita juga akan mendapatkan hasil yang positif pula.

3. Mohon doa dan berkat bagi kehamilan

Acara 7 bulanan ini dilangsungkan untuk memohon doa dan berkat selama sisa masa kehamilan. Haya bersisa 2 bukan lagi masa untuk melahirkan secara normal. Dengan adanya acara 7 bulanan ini, maka merupakan saat yang tepat secara adat untuk memanjatkan doa secara sungguh – sungguh agar sisa masa 2 bulan kehamilan dapaat berjalan dengan lancar tanpa adanya suatu masalah yang dapat mengganggu proses kehamilan dan juga proses persalinan.

4. Mohon doa dan berkat untuk kelancaran proses kelahiran

sponsored links

Manfaat acara 7 bulanan lainnya adalah untuk memohon doa dan juga berkat agar dilancarkan proses kelahirannya nanti. Hanya tinggal 2 bulan lg selama masa kehamilan untuk mencapai proses kelahiran. Biasanya, proses kelahiran merupakan salah satu proses yang krusial, karena dapat berdampak pada kematian baik pada bayi maupun orangtua dari bayi.

Karena itu, acara 7 bulanan sangatlah penting untuk memohon berkat dan juga doa suapaya proses kelahiran menjadi lebih lancar dan tanpa adanya hambatan.

5. Mohon doa agar anak yang lahir kelak menjadi anak yang baik dan berbakti

Selanjutnya, acara 7 bulanan yang bertujuan sebagai salah satu acara yang ditujukan untuk memohon doa dan berkat agar kelak anak yang nantinya lahir menjadi anak yang berbakti dan juga berguna bagi semua orang, termasuk keluarganya. Pada acara 7 bulanan maka akan banyak dipanjatkan doa yang baik baik, salah satunya adalah harapan dan doa agar nanti anak yang lahir menjadi anak yang berbakti bagi orang tua dan juga keluarganya kelak.

6. Menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan selama kehamilan

Masih dari sisi spiritual dan kebudayaan yang berhubungan dengan mohon doa dan juga berkat, salah satu manfaat lainnya dari acara 7 bulanan adalah untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan ketika proses kelahiran berlangsung. Biasanya hal ini berkaitan erat dengan unsur adat istiadat. Terutama berkaitan dengan mitos tertentu yang banyak beredar mengenai efek buruk apabila tidak melakukan acara 7 bulanan.

Meskipun masih sebatas mitos dan kepercayaan saja, namun demikian, ada baiknya kita sebagai masyarakat yang berbudaya dapat menghormati nasihat-nasihat dari orang yang lebih berpengalaman, terutama dalam acara 7 bulanan ini.

8. Melestarikan kebudayaan

Acara 7 bulanan merupakan salah satu acara yang sangat erat kaitannya dengan kebudayaan dan juga waisan leluhur. Nah, dengan melakukan acara 7 bulanan ini, berarti kita dapat menghargai dan juga dapat melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia.

Itulah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dengan melakukan acara 7 bulanan. Semoga artikel ini sangat berguna bagi anda, terutam yang sedang menghadapi usia kehamilan yang mendekati 7 bulan, ataupun yang sedang mempersiapkan kehamilan.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 23rd, June 2015 / 04:34 Oleh :
Kategori : Sosial