Sponsors Link

15 Manfaat Acar Timun dan Wortel Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Acar merupakan salah satu jenis makanan olahan wajib yang sering kita temui pada rumah – rumah makan atau restoran, terutama yang menyajikan makanan berbau gorengan dan juga berbau daging yang berat, seperti daging kambing. Biasanya bentuk acar yang sering diolah adalah jenis acar timun dan wortel. Jenis acar ini paling sering ditemu pada tukang penjual sate, soto dan juga nasi goreng, baik mereka yang berjualan secara berkeliling maupun berjualan di restoran.

ads

Apa saja manfaat acar timun dan wortel?

Tentunya, acar timun dan juga acar wortel memilki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi acar sebagai menu sampingan, ataupun bisa juga anda makan begitu saja, sebagai camilan, namun jangan terlalu banyak. Apa saja manfaat dari acar timun dan wortel? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari acar timun dan wortel :

  1. Sebagai pendamping makanan

Manfaat acar timun dan juga wortel yang pertama adalah sebagai salah satu pendamping dari jenis – jenis makanan tertentu. ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda, karena acar timun dan wortel sering dimanfaatkan sebagai pendamping makanan :

  • Sate ayam dan sate kambing
  • Nasi goreng
  • Soto santan
  • Dan pendamping dari berbagai jenis makanan lainnya.
  1. Sebagai camilan
acar timun dan wortel

acar timun dan wortel

Bagi anda yang sering cemal cemil, biasanya acar timun dan wortel ini juga bisa anda konsumsi begitu saja sebagai camilan. Meskipun terdengar tidak biasa, namun demikian aba juga orang yang suka mengkonsumsi acar timun dan wortel secagai camilan sehari – hari sembari menunggu waktu makan tiba.

  1. Sebagai penyegar

Kandungan air dan juga cuka yang ada pada acar timun dan wortel membuat acar timun dan wortel dapat dimanfaatkan sebagai penyegar tubuh, terutama di kala tubuh sedang terasa lemas dan juga mengantuk. Rasa asam dan segar yang dihasilkan oleh acar timun dan wortel dapat membuat tubuh anda menjadi lebih segar, dan efeknya, anda dapat lebih bersemangat dalam beraktivitas.

  1. Mengobati diabetes

Timun dan juga wortel yang ada pada acar timun dan wortel memilki kandungan yang sangat baik untuk mencegah diabetes. Bagi anda yang memilki gejala – gejala diabetes, maka anda dapat mencoba mengkonsumsi acar timun dan wortel untuk mengurangi gejala – gejala diabetes yang anda alami.

  1. Menjaga kadar kolestrol di dalam tubuh

Bagi anda yang takut akan naiknya kolestrol setelah menyantap makanan berat, seperti sate kambing dan juga nasi goreng, maka anda dapat mengkonsumsi acar timun dan wortel. Kandungan alami dari acar timun dan wortel mampu untuk menjaga dan menurunkan kadar kolestrol berlebihan yang ada di dalam tubuh anda.

  1. Mampu mengontrol tekanan darah

Sama seperti kolestrol, biasanya setelah mengkonsumsi makanan – makanan yang berkalori tinggi dan juga memiliki lemak tinggi, seperti nasi goreng, sate ayam, dan soto santan, tekanan darah anda akan naik. Untuk menetralisir naiknya tekanan darah tersebut, anda dapat menambahkan acar timun dan wortel untuk mengontrol naiknya tekanan darah anda.

  1. Mencegah sembelit

TImun dan juga wortel yang terdapat pada acar timun dan wortel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Hal ini memiliki manfaat yang sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan pencernaan anda, terutama anda yang mengalami sembelit ataupun susah buang air besar.

  1. Anti kanker

Acar timun dan wortel juga memilki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas. Salah satu efek penting dari hal ini adalah pencegahan terhadap kemunculan sel kanker yang ada di dalam tubuh anda. dengan mengkonsumsi acar timun dan wortel, maka anda bisa terhindar dari bahaya penyakit kanker.

  1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, acar timun dan wortel memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh anda menjadi lebih baik, dan terhindar dari berbagai macam gangguan – gangguan pencernaan.

  1. Menghilangkan racun dalam tubuh

Timun dan juga wortel yang menjadi bahan dasar pembuatan acar timun dan wortel memiliki kandungan anti bakteri dan juga antiracun yang sangat baik. Hal ini dapat membuat kerja hati menjadi lebih ringan, dan proses detoksifikasi atau pembuangan racun tubuh menjadi lebih lancar dan baik.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin yang ada pada timun dan wortel memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga daya tahan dan juga imunmitas tubuh. Hal ini sangat baik untuk mencegah kemunculan berbagai macam penyakit yang kemungkinan dapat menyerang tubuh karena kurangnya imunitas, seperti :

  • Influenza
  • Batuk
  • Demam
  • Meriang
  1. Anti bakteri

Timun dan juga wortel yang menjadi bahan utama pembuatan acar juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh, dan juga mampu untuk membunuh bakteri yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh.

  1. Mencegah dehidrasi

Kandungan air pada acar timun dan wortel memiliki manfaat yang baik untuk menggantikan air dan juga ion tubuh yang hilang., meskipun demikian, proses ini hanya sementara, dan anda tetap harus mengkonsumsi air untuk mencegah munculnya dehidrasi itu kembali.

  1. Baik Untuk kesehatan mata
ads

Sudah bukan rahasia umum lagi, wortel memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata anda. meskipun kandungan wortelnya sedikit, namun paling tidak acar timun dan wortel mampu untuk menjaga kesehatan mata anda, karena adanya kandungan vitamin A pada wortel tersebut.

  1. Dapat menangkal radikal bebas

Acar timun dan wortel juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini sangat penting untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat berakibat buruk bagi tubuh. Selain kanker, radikal bebas juga dapat menyebabkan penyakit – penyakit lainnya, dan juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya proses penuaan dini.

Cara membuat acar timun dan wortel

Untuk mengolah timun dan juga wortel menjadi acar, caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu meniapkan beberapa bahan. Apa saja bahannya? Berikut ini adalah bahan – bahan yang harus anda siapkan untuk membuat acar timun dan wortel :

  1. Wortel segar
  2. Timun segar
  3. Cuka dapur
  4. Air matang
  5. Gula garam
  6. Toples

Itulah beberapa bahan yang perlu anda siapkan untuk mengolah acar timun dan wortel. Untuk membuatnya, berikut ini adalah langkah – langkah membuat acar timun dan wortel :

  1. Potong timun dan juga wortel dalam bentuk dadu yang kecul
  2. Masukan timun dan wortel ke dalam sebuah toples
  3. Tambahkan ari, cuka, gula, dan juga garam pada toples yang berisi timun dan wortel
  4. Takaran bahan tersebut disesuaikan dengan selera anda, ingin lebih asin, atau lebih asam
  5. Tutup rapat toples, simpan selama 1 – 2 hari sebelum dikonsumsi.

Itulah langkah – langkah mudah dalam membuat acar timun dan wortel

Itulah beberapa manfaat penting dari acar timun dan wortel yang mungkin belum anda ketahui. Semoga artikel mengenai manfaat dari acar timun dan wortel ini berguna bagi anda semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 13th, June 2015 / 12:00 Oleh :
Kategori : Makanan