Sponsors Link

6 Manfaat Abu Daun Kelapa : Pupuk dan Kesehatan

Sponsors Link

Tanaman kelapa adalah tanaman yang mempunyai banyak kegunaannya. Mulai dari daging kelapa, air kelapa, tempurung kelapa, kayu pohon kelapa, batang kelapa, lidi kelapa, daun kelapa, bahkan hingga daun kelapa yang sudah menjadi abu semuanya memiliki kegunaannya masing-masing. Dari semua itu mungkin anda belum tahu dan masih bertanya-tanya tentang kegunaan abu daun kelapa. Berikut saya akan sedikit menjelaskan seputar abu daun kelapa.

ads

Abu merupakan zat anorganik sisa pembakaran bahan organik, misalnya sisa pembakaran daun kelapa. Dalam kehidupan sehari-hari abu sering diabaikan dan dianggap sebagai limbah yang tak berguna. Namun ternyata jika kita mau memanfaatkannya abu daun kelapa dapat banyak membantu dalam kehidupan anda. Beberapa manfaat abu daun kelapa yang jarang orang tahu yaitu:

1. Sumber kalium yang baik

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Walangitan dan Polli (1998) tentang ekstraksi mineral kalium karbonat dalam abu daun kelapa menunjukkan bahwa pada abu daun kelapa mengandung mineral kalium oksida, natrium oksida, karbonat dan bikarbonat. Semua mineral tersebut merupakan bahan pembentuk kalium karbonat. Jadi abu daun kelapa tersebut dapat diekstraksi untuk menghasilkan kalium karbonat.

2. Pupuk organik

Seperti halnya manusia, agar dapat hidup tumbuhan juga membutuhkan air dan nutrisi. Nutrisi untuk tumbuhan dapat kita berikan dalam bentuk pupuk. Salah satu pupuk organik yang dapat anda gunakan adalah abu daun kelapa. Selain ekonomis abu daun kelapa juga mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tumbuhan. Dalam abu kelapa mengandung banyak kalium yang dibutuhkan tumbuhan untuk metabolisme karbohidrat, metabolisme nitrogen, sintesa protein dan mempercepat jaringan meristem tumbuhan.

3. Memutihkan gigi dengan cara alami

ads

Apakah anda memiliki masalah dalam memutihkan gigi? Jika produk-produk pasta gigi belum memberikan bukti dalam memutihkan gigi maka kini saatnya anda menggunakan bahan yang lebih alami. Cukup dengan mengambil daun kelapa tua, cuci kemudian keringkan, setelah kering bakar daun kelapa tersebut dan ambil abunya. Anda dapat mengosokkan abu daun kelapa tersebut sehari 2 kali saat anda mandi. Kandungan kalium dalam abu daun kelapa yang tinggi akan bereaksi dan menjadikan gigi anda tampak putih dan bersih.

4. Bahan membuat cincau hitam/ janggelan

Cincau hitam atau janggelan biasa digunakan sebagai isi dalam es buah atau dawet. Dalam pembuatan janggelan agar diperoleh janggelan yang kenyal perlu ditambahkan abu Qi. Abu Qi yaitu abu yang terbuat dari pembakaran jerami, daun pisang atau daun kelapa. Penggunaan abu Qi dalam pembuatan janggelan dengan cara merendam abu dengan air selama semalam kemudian disaring dan diambil airnya. Air hasil saringan ini jernih, licin dan memiliki pH(tingkat keasaman) basa.

5. Bahan membuat sabun tradisional

Dalam sebuah buku “Untold Story: Bung Karno: Penyambung lidah rakyat” diungkapkan bahwa pada zaman dahulu Bung Karno memberikan perintah kepada rakyatnya agar membuat sabun dari minyak kelapa yang dicampur dengan abu daun kelapa. Hal itu beliau sampaikan karena pada zaman dahulu mereka tidak mempunyai sabun.

6. Bahan pembersih noda mebel

Abu daun kelapa ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih mebel berpelitur seperti meja, kursi, lemari dll. Kandungan kalium didalam abu mampu bereaksi dalam membersihkan noda pada mebel yang berpelitur.

Menakjubkan kan! Ternyata abu daun kelapa yang kita anggap limbah tak berguna dan selalu kita acuhkan ternyata memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu mari kita manfaatkan abu daun kelapa semaksimal dan sekreatif mungkin!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 17th, September 2015 / 11:40 Oleh :
Kategori : Tumbuhan