9 Manfaat Buah bacang dan Saran Konsumsinya yang Sehat

Apakah Anda tahu bacang? Beberapa orang mungkin mengenal bacang sebagai kue yang terbuat dari beras ketan, yang berisi daging dan kemudian di bungkus dengan daun bambu. Namun yang dimaksud bacang disini adalah bacang sebagai buah yang masih sekerabat dengan buah mangga, karena secara ukuran, warna kulit, bentuk, hingga strukturnya hampir sama dengan buah mangga. Sehingga sampai ada yang menyebutnya mangga bacang.

Buah bacang yang segar dan memiliki aroma harum sangat digemari orang-orang untuk dijadikan minuman segar. Buah bacang yang muda juga enak untuk di buat rujak. Di daerah kalimantan bahkan ada yang memanfaatkan buah bacang untuk dijadikan sambal.

Kandungan gizi pada buah bacang

Buah bacang yang sudah matang memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan. Berikut kandungan gizi dari buah bacang:

Nilai gizi setiap 100 gram buah bacang
Kalori 98 Kkal
Protein 1,4 gram
Lemak 0,2 gram
Air 72,5 gram
Karbohidrat 24,4 gram
kalsium 21 mg
Fosfor 15 mg
Vitamin A 1218 IU
Vitamin B1 0,03 mg
Vitamin C 56 mg

Seperti sudah kita ketahui di atas, bahwa buah bacang sangat kaya akan kandungan air, karbohidrat, energi dan hebatnya buah ini memiliki kadar lemak yang sangat sedikit yang membuatnya memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Berikut manfaat buah bacang yang bisa di dapat dengan mengkonsumsinya :

manfaat buah bacang

1. Sumber makanan tepat untuk program diet

Buah ini memiliki kandungan energi yang cukup banyak. Sehingga turut membantu asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Disamping itu buah ini sangat rendah lemak. Sehingga sangat cocok dijadikan sumber makanan untuk mendukung program diet.

2. Menjaga fungsi otak

Kita tahu bahwa 70% otak kita terdiri dari air. Kebutuhan air di dalam otak cukup tinggi setiap harinya. Konsumsi buah bacang dapat memenuhi kebutuhan otak kita akan asupan manfaat air yang cukup. Sehingga akan menjaga fungsi otak, seperti menguatkan daya ingat dan konsentrasi saat melakukan aktivitas.

3. Mengatasi dehidrasi

Dehidarasi sangat lekat hubungannya dengan kekurangan air mineral di dalam tubuh. Kandungan yang kaya akan air pada buah bacang akan membantu mengatasi dan mencegah terjadinya dehidrasi. Buah bacang ini sangat cocok untuk di buat jus. Minuman jus bacang akan terasa segar dan memberikan kepuasaan melepas dahaga.

4. Meningkatkan stamina tubuh

Buah bacang memiliki asupan manfaat karbohidrat yang cukup tinggi, untuk menghasilkan energi. Ini akan membuat anda memiliki stamina tubuh yang cukup untuk menjalani aktivitas. Tentu perlu diimbangi dengan manfaat makanan sehat lainnya.

5. Memperlancar peredaran darah

Tahukah anda bahwa tubuh kita ini 55%-nya terdiri atas air?? Sedangkan darah dalam tubuh kita 82% terdiri dari air. Kita membutuhkan air yang cukup untuk membuat peredaran darah berjalan dengan lancar. Manfaat buah bacang yang di olah menjadi minuman akan membuat kandungan air nya akan tetap terjaga, sehingga membuat kebutuhan tubuh kita akan air tetap terpenuhi.

6. Membantu menetralisir racun

Fungsi air sangat penting bagi tubuh. Air juga membantu mengatur suhu tubuh dan membantu kerja organ hati bekerja secara maksimal. Terpenuhinya air pada organ ini akan membantu proses penetralisiran racun bisa optimal.

7. Menjaga fungsi organ paru-paru

Organ lain selain otak, yang membutuhkan asupan air adalah paru-paru. 90% dari komposisi paru-paru terdiri atas air. Penuhi kebutuhan air bagi tubuh, dengan konsumsi buah segar seperti buah bacang.

8. Meningkatkan imune tubuh

Kandungan air yang cukup akan membantu proses penyerapan manfaat zat besi menjadi lebih efektif. Zat besi yang berasal dari sumber makanan lain yang masuk ke dalam tubuh akan membantu memperkuat daya tahan tubuh.

9. Membuat kulit nampak sehat

Buah bacang juga digunakan untuk perawatan kecantikan. Buah bacang akan membuat kulit akan nampak sehat cerah dan terhindar dari keriput karena kandungan airnya, seperti manfaat vitamin E.

Saran Konsumsi yang Sehat

Manfaat buah bacang akan sangat baik jika di olah menjadi minuman seperti jus, karena akan menjaga kandungan airnya. Selain itu, buah perlu dicuci hingga sebersih mungkin setelah itu dikupas, agar getah yang ada dalam buah ini hilang sepenuhnya.

Mengenal Tanaman Buah Bacang

Buah yang dihasilkan dari pohon bacang dengan nama ilmiah Mangifera foetida ini memiliki tinggi pohon hingga 30 m. Pohon bacang juga mengeluarkan getah bening seperti pohon mangga. Getah ini akan jika terkena kulit maka akan membuat kulit terasa gatal bahkan bisa melukai selaput kulit karena getah pohon bacang sifatnya tajam. Pohon bacang mulai memasuki masa berbunga di bulan mei hingga juni, dan bisa menghasilkan buah untuk di panen di bulan september-november.

Persebaran Tanaman Bacang

Bacang belum banyak dikenal orang. Asal usul persebarannya sendiri di mulai dari ditemukannya tanaman bacang yang tumbuh liar di hutan-hutan daerah Semenanjung Malaya, termasuk Sumatera. Tanaman ini di budidayakan di daerah semenanjung malaya hingga menyebar ke daratan indo cina. Di daerah jawa sendiri tanaman bacang juga mulai di budidayakan.

Manfaat Tanaman Bacang Lainnya

Selain buahnya, bagian lain dari tanaman bacang juga bermanfaat bagi manusia. Kayu dari batang pohon bacang bisa di jadikan kayu konstruksi pembangunan rumah. Kemudian daunnya juga bisa digunakan untuk membuat ramuan herbal penurun demam. Selain itu, biji dari buah bacang dipercaya bisa mengobati penyakit kulit seperti kudis, jamur, dan eksim. Bahkan getah dari pohon becang ini pun juga bisa dimanfaatkan, yaitu untuk bahan memperkuat gambar tato.

, , , , ,
Post Date: Thursday 19th, March 2015 / 03:33 Oleh :
Kategori : Buah Buahan