8 Manfaat Ketela Pohon bagi Kesehatan Tubuh dan Pengobatan

Manfaat ketela pohon bagi kesehatan cukup menarik informasinya untuk disimak. Khususnya untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh. sebagaian besar mesyarakat berpendapat bahwa ketela pohon merupakan makanan pengganjal perut orang desa. Ketela pohon tersebut dapat dimasak menjadi singkong maupun makanan yang lain. Meskipun kesannya makanan orang desa, tetapi manfaatnya bagi kesehatan cukup banyak.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana manfaat ketela pohon ini bagi tubuh. Siapa tahu di kemudian hari dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Ketela Pohon Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Ketela Pohon

Ketela Pohon

Perlu diketahui bahwa ketela pohon mengandung mineral, vitamin, anti oksidan, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Setelah Anda membaca informasi yang diberikan berikut, silakan untuk mempraktikkannya karena aman dan sehat. Lalu, apa saja manfaat ketela pohon bagi kesehatan? Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak informasi di bawah ini.

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Ketela pohon mengandung beta karoten yang menjadi bahan utama dari manfaat antioksidan. Selain itu, ketela pohon mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi dan fosfor. Semua kandungan tersebut sangat penting untuk menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh seseorang. Dengan mengkonsumsi ketela pohon secara teratur, bukan tidak mungkin berbagai penyakit dapat menjauh dari tubuh. Apalagi jika dengan melakukan gaya hidup sehat setiap hari. Tentu saja dapat semakin menjaga daya tahan tubuh sehari-hari dalam jangka waktu yang lama.

2. Mencegah Peradangan dan Pembengkakan

Pembengkakan atau peradangan disebabkan oleh kuman penyakit yang telah menginfeksi bagian tubuh tertentu. Tentu saja pembengkakan tersebut disertai rasa nyeri dan sakit yang luar biasa. Untuk mencegah pembengkakan seperti itu, bisa dengan mengkonsumsi ketela pohon karena mengandung zat anti peradangan, seperti betakaroten, magnesium, dan manfaat vitamin C. Bahkan bahan ketela pohon yang dibuat menjadi ramuan tertentu, secara efektif akan meredakan peradangan atau pembengkakan.

3. Menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh

Ketela pohon yang cukup berserat dapat membantu menahan cairan di dalam tubuh untuk keluar. Dengan begitu, keseimbangan cairan di dalam tubuh dapat dijaga. Hal ini sangat penting karena sebagian tubuh manusia terdiri atas cairan dalam bentuk yang berlainan. Jika kekurangan atau kelebihan cairan secara umum dapat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Manfaat makanan berserat seperti ketela pohon ini, juga banyak terdapat pada buah-buahan seperti :

4. Suplemen alami pembangun otot tubuh

Bagi sedang melakukan program body building atau pembentukan badan dengan otot-otot yang lebih menonjol dan terbentuk, biasanya melakukan olahraga fitness. Hal ini sering disertai dengan mengkonsumsi suplemen tertentu yang dapat membuat ketagihan pada tubuh. Namun masalahnya, setelah rutin mengkonsumsi suplemen seperti itu, saat menghentikan mengkonsumsinya dapat membuat tubuh lemas.

Oleh karena itu, silakan coda untuk mengkonsumsi ketela pohon yang bisa meningkatkan pertumbuhan massa otot. Hal itu dikarenakan ketela pohon mengandung karbohidrat, mineral, dan vitamin yang dapat diserap oleh otot dengan mudah. Dengan mengkonsumsinya, tubuh tidak perlu engalami efek samping negatif, seperti saat mengkonsumsi suplemen berbahan kimia.

Manfaat Ketea Pohon Untuk Pengobatan

Manfaat Ketela Pohon

Ketela Pohon Setelah dikupas

5. Menyembuhkan penyakit bronkitis

Penyakit bronkitis dengan gejala batuk-batuk yang tidak kunjung sembuh, tentu saja harus segera diobati agar tidak semakin kronis. Oleh karena itu, bisa mulai mengobatinya dengan mengkonsumsi ketela pohon. Pasalnya, ketela pohon mengandung zat besi, vitamin C, serta nutrisi lainnya ini ampuh untuk menyembuhkan penyakit bronkitis. Saat mengkonsumsinya, rasa manis dan hangat dapat dirasakan oleh siapa pun yang mengkonsumsinya.Manfaat ini juga dapat dirasakan dari bahan lain seperti :

6. Mencegah Terjadinya Kanker

Jangan pernah menyepelekan ketela pohon yang dianggap sebagai makanan orang desa tersebut. Hal itu dikarenakan ketela pohon mengandung zat anti oksidan, bekaroten, vitamin C, dan anti karsinogen utama. Manfaat ketela pohon bagi kesehatan ini dapat mencegah berbagai penyakit, terutama penyakit kanker usus halus, kolon, ginjal, prostat, dan pada organ dalam lainnya. Jika Anda belum memeprcayainya, silakan membuktikan sendiri dengan mengkonsumsi ketela pohon secara teratur. Dijamin, tubuh Anda akan semakin sehat karena terhindari dari berbagai macam penyakit.

7. Meredakan Radang lambung

Radang lambung biasanya dialami oleh seseorang yang pola makannya tidak teratur setiap hari. Ditambah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, hal itu menambah peradangan lambung makin parah. Sementara itu, ketela pohon yang mengandung betakaroten, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, dan kalium dapat menjaga kesehatan pada organ lambung dan usus halus.

Sifat anti peradangaan yang dikandung oleh ketela pohon dapat mencegah penimbunan asam lambung yang bisa mengakibatkan penyakit maag kronis atau jenis penyakit lainnya. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, akan mencegah dan menyembuhkan masalah peradangan pada bagian lambung ini.

8. Mengatasi diabetes

Penderita diabetes harus menghindari makanan dan minuman yang manis-manis agar kadar gula darahnya bisa stabil. Beberapa makanan berkabohidrat, seperti nasi atau roti perlu dihindari oleh penderita diabetes. Mereka bisa menggantinya dengan mengkonsumsi ketela pohon. Pasalnya, ketela pohon cukup efektif untuk membantu sistem sekresi dan mempengaruhi produksi insulin, sehingga kadar gula di dalam peredaran darah tubuh bisa terjaga kestabilannya.

Namun demikian, dalam mengkonsumsinya juga harus memperhatikan aturan serta pola makan sehari-hari. Untuk lebih amannya, lakukan konsultasi kepada dokter atau praktisi kesehatan sebelum mengkonsumsinya. Sebagai makanan pengganti nasi, para penderita diabetes juga bisa mengkonsumsi sumber karbohidrat lain seperti pada :

Itulah beberapa manfaat ketela pohon bagi tubuh Anda, terutama dalam mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Setelah membacanya, diharapkan Anda semakin mengerti dan paham arti penting kesehatan bagi kehidupan manusia sehari-hari. Dengan begitu, Anda bisa mencegah penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh karena sudah membaca informasi tentang manfaat ketela.

, , ,
Post Date: Wednesday 11th, February 2015 / 08:46 Oleh :
Kategori : Tumbuhan