Sponsors Link

8 Manfaat Kacang Arab Bagi Tubuh serta Kandungan Gizinya

Sponsors Link

Siapa yang tak mengenal kacang Arab? Kacang Arab atau dengan nama lainnya adalah Kacang Garbanzo merupakan kacang yang menjadi salah satu oleh-oleh yang khas, ketika seseorang pulang dari menjalankan ibadah umroh ataupun haji. Seperti kacang-kacangan pada umumnya, kacang arab memiliki kandungan nutrisi yang baik dan bisa dimasukkan dalam menu makanan sehat sehari-hari.

ads

Kandungan Gizi Kacang Arab

manfaat kacang arabDi dalam 100 gram kacang arab, menyimpan nilai gizi seperti berikut :

  • Energi : 330 kkal
  • Protein : 23,8 gr
  • Lemak : 1,4 gr
  • Karbohidrat : 60,2 gr
  • Kalsium : 57 mg
  • Fosfor : 388 mg
  • Zat besi : 5 mg
  • Vitamin A : 140 IU
  • Vitamin B1 : 0,2777 mg
  • Vitamin C : 2 mg

Kacang arab dapat dikonsumsi sebagai cemilan yang menyehatkan, proses pengolahan kacang arab ini juga mudah. Cukup rendam kacang terlebih dahulu didalam air selama sekitar satu jam, lalu direbus dengan ditambahkan sedikit garam. Jangan mengkonsumsinya dengan cara digoreng, karena cenderung akan merusak kandungan nutrisinya. Nutrisinya yang sehat ini, membuat manfaat kacang arab ini baik untuk tubuh dan juga bagi vegetarian. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Tinggi Serat

Jika kebanyakan serat terkandung didalam manfaat sayur-sayuran, maka kini serat terdapat pada kacang arab. Serat yang terdapat pada kacang Arab sekitar 6 %. Pada kacang arab terdapat kandungan berupa serat yang larut dan serat yang tidak larut. Dimana diketahui bahwa serat larut pada kacang arab berfungsi untuk membantu mengontrol kesehatan pada empedu dan untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

2. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tidak larut pada kacang Arab juga membantu upaya bagi yang sedang menurunkan berat badan, karena kacang arab membuat merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan.

3. Kaya Kandungan Mangan

Mineral yang terkandung didalam kacang arab membantu produksi energi, serta meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Mengkonsumsi kacang arab secara teratur (2 sampai 3 kali dalam seminggu) cukup untuk menjaga energi pada tubuh, untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Sebagai suplemen alami tubuh

Suplemen alami sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi wanita yang sedang menstruasi, hamil dan menyusui. Serta baik pula bagi mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan dan zat besi juga membantu meningkatkan sistem metabolism pada tubuh sehingga membuat tubuh tetap fit. Zat besi ini dapat juga terdapat pada :

ads

Sangat disarankan untuk memasukkan manfaat kacang Arab di dalam menu makanan sehari-hari.

5. Mengontrol kadar gula darah

Jika ingin memiliki gula darah yang stabil, ada baiknya mengkonsumsi kacang Arab. Kandungan kacang arab yang memiliki serat larut ini, akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kacang arab dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit diabetes, karena kacang arab memberikan energi pembakaran yang stabil pada tubuh namun lambat.

6. Menjaga kesehatan jantung

Kolesterol yang tinggi dan jahat yang ada didalam darah pada tubuh manusia dapat menyebabkan seseorang terkena serangan penyakit jantung serta stroke. Kacang Arab dapat menurunkan LDD atau kolesterol jahat pada darah, dikarenakan kandungan zat yang ada didalam kacang Arab akan menghancurkan kolesterol dengan cepat. Sehingga dengan mengkonsumsi kacang arab secara teratur dapat menyehatkan jantung.

Kandungan fosfat yang tinggi serta magnesium pada manfaat kacang arab ini, juga membantu meningkatkan sistem peredaran darah serta baik untuk menjaga kesehatan mata.

7. Antioksidan didalam fitokimia

Fitokimia juga terdapat didalam kacang Arab, memiliki manfaat antioksidan bagi tubuh. Zat antioksidan sendiri berperan untuk menurunkan resiko terkena penyakit osteoporosis, resiko terkena kanker payudara serta melakukan pencegahan terhadap menopause dini.

Manfaat Kacang Arab bagi Vegetarian

Manfaat protein yang terkandung pada kacang, merupakan sumber protein yang baik dan tidak akan menambah kalori serta kandungan lemak jenuh pada tubuh.

Bagi mereka yang merupakan seorang vegetarian, maka kebanyakan mereka akan kehilangan protein pada makanannya karena menjauhi sumber protein yang berasal dari makanan hewani. Sehingga dibutuhkan makanan pengganti, agar protein tetap ada pada makanan. Salah satunya dengan mengganti protein yang berasal dari hewani dengan mengkonsumsi protein nabati, seperti yang berasal dari kacang arab ataupun manfaat gandum.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 09th, March 2015 / 04:35 Oleh :
Kategori : Makanan