Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Manfaat Daging Tupai Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Siapa yang tidak kenal dengan hewan tupai ? Tupai adalah salah satu hewan mamalia yang bertubuh kecil. Tupai biasanya memakan biji – bijian, buah – buahan, dan serangga kecil. Spesies tupai di dunia berjumlah 20 spesies. Di Indonesia sendiri Pulau Kalimantan disebut – sebut menjadi salah satu pulau yang menjadi tempat tinggal beberapa jenis tupai.

Tentang Tupai

daging tupaiTupai merupakan hewan yang cukup cerdik dan ia memiliki ukuran otak yang cukup besar. Kepintaran dari hewan tupai ini terbukti bahwa ia dapat memilih makanan seperti apa yang harus ia kumpulkan disaat musim dingin. Saat musim dingin, tupai akan memilih untuk mengumpulkan makanan yang tidak mudah basi, contohnya adalah biji – bijian.  Ia dapat mencari mangsa, bertahan hidup, mencari pasangan, dan membuat sarang dengan sangat rapih.

Biasanya tupai hidup di pohon – pohon yang rindang dan cukup tinggi. Hewan tupai membuat sarang dari ranting – ranting pohon. Biasanya hewan tupai hidup di hutan yang rindang dan tropis. Mereka juga sering muncul pada malam hari untuk mencari makan.

Saat ini banyak sekali masyarakat yang mulai memelihara tupai. Perawakan tupai yang lucu, kecil, dan menggemaskan membuat masyarakat tertarik untuk menjadikan tupai sebagai hewan peliharaan. Selain itu, memelihara tupai tidaklah sulit. Tupai bila dirawat dengan benar dapat menjadi hewan yang sangat penurut.

Semakin berkembangnya dunia kesehatan ternyata tupai bukan hanya berguna sebagai hewan peliharaan. Hewan tupai ternyata juga dapat menjadi obat untuk penyakit tertentu. Sejumlah masyarakat mempercayai bahwa daging tupai dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Manfaat Daging Tupai

Masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui manfaat dari daging tupai. Percaya tidak percaya ternyata daging tupai mempunyai manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan manusia.

Beberapa penyakit dipercaya dapat disembuhkan dengan daging tupai. Penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan dengan daging tupai antara lain :

  1. Tupai Dapat Menyembuhan penyakit kencing manis
  2. Menyembuhan penyakit diabetes
  3. Menyembuhan penyakit kanker
  4. Menyembuhan penyakit rematik
  5. Menyembuhan penyakit lever
  6. Menyembuhan penyakit menambah stamina
sponsored links

Ternyata banyak sekali penyakit yang dapat disembuhkan dengan daging hewan tupai. Siapa yang menyangka bahwa hewan tupai juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Cara Mengelola Daging Tupai

Cara mengolah daging tupai tidaklah susah. Banyak orang yang konsumsi daging tupai dengan cara disate, digoreng, dimasak menjadi sop, dan dimasak dengan bumbu kare. Tupai yang sudah disembelih dipisahkan antara daging, organ dalam, dan otaknya. Lalu daging tupai dipisahkan dengan kulitnya. Daging yang sudah terpisah dengan kulitnya dicuci hingga bersih dan dapat beri bumbu sesuai selera.

Lalu Anda dapat masak daging tupai sesuai selera. Tetapi dalam pengolahan daging tupai sebaiknya tidak menggunakan garam. Karena penggunaan garam akan membuat khasiat daging tupai berkurang. Selain daging, ternyata kulit tupai juga dapat di konsumsi. Biasanya masyarakat mengolah kulit tupai dengan cara digoreng dan diberi bumbu sesuai selera masing – masing.

Khasiat Otak Tupai

Selain itu, otak tupai juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit keterbelakangan mental pada anak. Bila kita tidak ingin repot mengolah daging tupai, saat ini sudah banyak sekali yang mulai menjual daging tupai dalam bentuk kapsul yang siap diminum.

Kandungan Gizi Daging Tupai

Daging tupai dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit yang berat. Dalam 100 gram daging tupai ternyata terdapat 21.4 gram protein. Protein ini merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Protein berguna untuk keseimbangan tubuh, tempat untuk merambatnya impuls saraf, mengatur metabolisme tubuh, dan sebagai bahan untuk terbentuknya enzim.

Daging tupai juga dipercaya mempunyai kandungan lemak yang rendah yang baik bagi tubuh. Pada daging tupai juga mengandung mineral yang cukup baik bagi tubuh kita. Seperti yang kita ketahui, tubuh kita membutuhkan mineral yang cukup banyak maka disaat kita mengkonsumsi daging tupai asupan mineral yang masuk ke dalam tubuh kita juga akan bertambah. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat pada daging tupai, maka daging tupai dapat dikatagorikan sebagai makanan yang cukup bergizi untuk tubuh kita.

Baca Juga : Manfaat daging ular

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 13th, February 2015 / 16:15 Oleh :
Kategori : Daging