Sponsors Link

6 Khasiat Daging Kuda Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Kuda mempunyai nama latin Equus caballus atau Equus ferus caballus. Kuda merupakan hewan mamalia yang mempunyai tubuh cukup besar. Kuda merupakan hewan yang memiliki tenaga yang sangat besar. Kuda juga merupakan hewan herbivora. Hewan kuda sebenarnya adalah hewan yang liar dan berbahaya. Tetapi, bila kita dapat merawatnya dengan benar maka ia dapat menjadi sangat jinak dan menjadi hewan yang penurut. Hewan ini juga mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi. Hal ini terbukti bahwa kuda dapat mengikuti perintah dari sang pelatih kuda.

Kuda di Indonesia

daging kudaDi Indonesia sendiri hewan kuda biasanya dimanfaatkan untuk menarik delman atau digunakan dalam perlombaan dipacuan kuda. Pacu kuda saat ini sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat digemari. Banyak orang yang mulai menekuti olahraga pacu kuda. Kuda memiliki otot – otot yang sangat kuat pada kakinya. Oleh karena itu, kuda dapat mengangkut atau menarik gerobak barang hingga berat puluhan kilo. Beberapa kalangan masyarakat banyak mulai menjadikan kuda sebagai hewan peliharaan. Harga kuda yang cukup mahal membuat orang yang memeliharanya memiliki rasa kebanggaan tersendiri saat memeliharanya.

Saat ini sudah mulai banyak yang menjadikan kuda sebagai mata pencaharian. Harga kuda yang cukup mahal membuat orang tertarik untuk menjadikan kuda sebagai hewan untuk diternakan dan diperjual belikan. Daging kuda pun ternyata mempunyai khasiat bagi tubuh kita. Daging kuda yang dijual dipasaran juga cukup mahal. Beberapa penyakit ternyata dapat sembuhkan dengan memakan daging hewan yang satu .

Khasiat Daging Kuda

Khasiat daging kuda mungkin belum banyak diketahui masyarakat karena masih tergolong daging yang unik. Selain dimanfaatkan tenaganya, ternyata daging kuda dapat kita makan dan memiliki manfaat bagi tubuh kita. Manfaat daging kuda bagi kesehatan kita, yaitu :

  1. Menambah stamina tubuh. Sudah sejak dahulu daging dipercaya dapat menambah stamina tubuh. Daging kuda ini lebih banyak dikonsumsi oleh para laki – laki. Kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan daging sapi dan daging ayam membuat daging kuda ampuh menambah energi tubuh kita.
  2. Mengobati penyakit rematik
  3. Menyembuhkan pegal linu. Daging kuda dapat menyembuhkan pegal linu karena dalam 100 gram daging kuda mengandung 3.82 mg zat besi. Zat besi ini lah dapat menghilangkan pegal linu pada tubuh kita. Selain itu, zat besi juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita semakin baik.
  4. Menyembuhkan epilepsi
  5. Sebagai menu diet. Kandungan lemak yang rendah pada daging kuda membuat daging yang satu ini cocok untuk para wanita dan laki – laki yang ingin memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal. Daging kuda sebagai menu diet sangatlah baik, karna daging ini dapat menggantikan daging ayam dan daging sapi yang sebenernya lebih berlemak dibandingkan daging kuda. Mengkonsumsi daging kuda tidak akan membuat tubuh kita menjadi gendut.
  6. Menjaga kolesterol tetap stabil. Kandungan kolesterol yang rendah pada daging kuda dipercaya cocok untuk menjaga kestabilan kolesterol pada tubuh kita. Dalam 100 gram daging kuda hanya mengandung 50-60 mg kolesterol. Angka itu lebih rendah dibandingkan dengan daging ayam dan daging sapi.
sponsored links

Kandungan Gizi Daging Kuda

Dengan banyaknya khasiat yang terkandung dalam daging kuda, tentu saja daging kuda mengandung banyak zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Menurut penelitian, dalam 100 gram daging kuda mengandung

  • Energi sebanyak 118 kkal,
  • Protein sebanyak 18,1 gr,
  • Lemak sebanyak 4,1 gr,
  • Karbohidrat sebanyak 0,9 gr,
  • Kalsium sebanyak 10 mg,
  • Fosfor sebanyak 150 mg,
  • dan Zat Besi sebanyak 3,82 mg.

Dengan kandungan yang begitu banyak, maka tak heran daging kuda sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Cara Mengelola Daging Kuda

Danging kuda terkenal sangat gurih, enak, dan tidak keras.

Daging kuda yang sudah dipisahkan dengan kulitnya cuci hingga bersih. Setelah itu dagung kuda dapat Anda potong – potong kecil, sedang, atau besar – besar. Potong daging kuda mengikuti serat daging. Setelah anda potong – potong, daging kuda dapat Anda masak menjadi sate, tongseng, atau daging kuda asem manis. Pengolahan daging kuda sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pengolahan daging pada umumnya. Daging kuda dapat Anda olah sesuai selera Anda.

Setelah Anda mengetahui khasiat daging kuda, Anda dapat mulai mencoba mengolah daging kuda menjadi masakan yang Anda sukain yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 13th, February 2015 / 16:23 Oleh :
Kategori : Daging