Sponsors Link

5 Manfaat Daging Rusa bagi Tubuh dan Penderita Kolesterol

Sponsors Link

Manfaat-daging-rusaRusa dalam bahasa latinnya adalah cervus. Rusa masuk didalam golongan hewan mamalia pemamah biak (ruminant). Rusa adalah hewan yang memiliki tanduk, sehingga rusa mudah dikenali. Rusa diketahui lebih suka mengkonsumsi sayuran atau buahan serta tumbuhan yang masih muda. Meskipun banyak pilihan jenis daging yang dapat dikonsumsi, namun daging rusa memiliki penggemarnya tersendiri.

ads

Hal ini tidak salah jika memang daging rusa ini banyak diburu. Namun dibalik sensasi rasanya yang berbeda, manfaat daging rusa ini juga dapat dirasakan, berikut ini diantaranya :

Manfaat Daging Rusa bagi Tubuh

Bagi mereka yang sangat menyukai daging, namun tidak bisa mengkonsumsi daging dikarenakan faktor usia ataupun penyakit, maka daging rusa menjadi alternatif untuk mengkonsumsi daging. Berikut ini beberapa manfaat daging rusa :

1. Vitamin B3Manfaat vitamin B, seperti vitamin B3 pada daging rusa berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh, energi dan juga jantung. Bahan antibiotik juga dapat dibuat dengan menggunakan hati rusa yang menjadi pilihan di dalam ilmu kedokteran saat ini.

Kebutuhan Vitamin B3 setiap hari tergantung akan usia

  • Bayi 0 – 6 bulan : 2 mcg
  • bayi 7 – 12 bulan : 4 mcg
  • Bayi 1 – 3 tahun : 6 mcg (batas toleransi 10 mcg)
  • Anak usia 4 – 8 tahun : 8 mcg (maksimum 15 mcg)
  • Anak usia 9 – 13 tahun : 12 mcg (maksimum 20 mcg)
  • Remaja 14 tahun keatas : 16 mcg (laki-laki), 14 mcg (perempuan)

2. Vitamin B6 dan B12 – Di dalam tubuh dapat menghasilkan homosistein. Jika kadar homosistein dibiarkan tinggi, maka homosistein dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, hati, paru, ginjal, serta terkena diabetes, dan dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung bahkan terkena stroke. Untuk mengurangi muncul dan berkembangnya homosistein, maka dibutuhkan konsumsi vitamin B6 dan B12 yang terkandung. Kandungan ini banyak terdapat dalam daging rusa, untuk memperlancar peredaran darah pada manusia.

3. Protein – Daging rusa mengandung protein dan manfaat zat besi yang tinggi, sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, Ibu menyusui, wanita yang sedang menstruasi dan juga anak-anak. Dalam sehari, tubuh kita membutuhkan 68,5 % kebutuhan protein dan zat besi sebesar 28,2 % dan kebutuhan itu dapat dipenuhi dengan

ads

4. Karkas – Persentase karkas pada daging rusa lebih besar jika dibandingkan dengan persentase pada daging domba ataupun sapi, yaitu sekitar 58 %, sedangkan sapi 41% dan domba 43%.

Daging Rusa Bisa Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Jika anda ingin diet, namun tidak bisa mengurangi konsumsi daging, maka bisa menggunakan daging rusa untuk dikonsumsi sebagai menu pendamping diet. Berikut ini tabel kandungan lemak dan kolesterol dibeberapa hewan :

Rusa Sapi Babi Domba Ayam
Lemak (g) 3.30 9.76 10.64 7.629 3.42
Kolesterol (mg) 66 92 101 83 83

Pada catatan dapat terlihat, bahwa kadar kolesterol daging rusa ini lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis lain. Pada daging rusa juga mengandung manfaat omega 3, yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah.

Manfaat Bagian Rusa Lainnya

Hewan bertanduk ini diketahui memiliki banyak manfaat. Mulai dari tanduk, kulit hingga dagingnya.

  1. Kulit rusa banyak dimanfaatkan untuk souvenir,
  2. Tanduk muda pada rusa dapat dimanfaatkan untuk obat-obatan.
  3. Daging rusa yang memiliki rasa khas dan juga tekstrur yang lembut serta memiliki rasa yang manis, banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Kini rusa menjadi hewan yang dilindungi oleh Undang-undang, habitat mereka yang telah beralih fungsi, bahkan perburuan yang secara besar-besaran telah banyak dilakukan oleh masyarakat, membuat rusa semakin sedikit. Jika memang ingin mengkonsumsi rusa, perhatikan juga ekosistem dan habitatnya. Bila diperlukan, buatlah pembudidayaan terhadap rusa. Jika dikonsumsi lebih banyak dari yang memperhatikan kehidupan rusa, bukan tidak mungkin di lain waktu tidak akan ada lagi rusa yang dapat dikonsumsi,bahkan dilihatpun juga tidak akan bisa lagi.

Jangan berambisi hanya karena manfaat daging rusa ini, tapi juga perhatikan kehidupan agar mereka tetap menjadi manfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 17th, February 2015 / 09:23 Oleh :
Kategori : Daging