Sponsors Link

29 Manfaat Daging Merpati Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Cantik, menawan, cerdas, lezat, sekaligus bergizi. Siapa dia? Merpati. Ya, si burung cantik berbadan gempal dengan leher pendek dan paruh ramping pendek. Hewan yang termasuk ke dalam kelas unggas dan hewan bertulang belakang ini dapat ditemukan di hampir seluruh bagian dunia.

manfaat daging merpatiPeran Burung Merpati di Dunia

Burung ini memiliki kesetiaan dan dedikasi yang membanggakan karena sejak 1.500 tahun silam, burung ini telah dikenal baik dalam golongan militer yang berperan mengirimkan pesan tertulis layaknya tukang pos. Bukan hanya kecerdasannya yang membanggakan. Daging merpati pun banyak dipilih orang untuk dijadikan masakan.

Seluk Beluk Daging Merpati

Merpati muda atau yang biasa disebut squab (merpati dengan usia 28-30hari) menjadi yang paling banyak dipilih untuk diolah menjadi sajian yang lezat. Squab lebih banyak dipilih karena dagingnya yang masih relatif lebih empuk dan tulang yang relatif lebih lunak ketimbang merpati dewasa.Perbedaan tekstur daging juga dipengaruhi oleh lingkungan  dimana si merpati hidup. Merpati yang dibesarkan secara diternak dagingnya akan lebih empuk ketimbang daging merpati yang hidup secara alami.

Tidak hanya kelezatannya saja yang menarik orang untuk menkonsumsi si cantik ini. Akan tetapi, khasiat yang terkandung di dalam daging merpati pun menjadi alasan yang layak untuk memburu masakan burung yang satu ini. Berikut adalah manfaat daging merpati untuk kesehatan yang dapt kita peroleh.

Daging Merpati Kaya Akan Protein

Salah satu kandungan yang terdapat dalam daging merpati yaitu protein. Nilai protein yang dimiliki daging merpati cukup tinggi, mencapai 17,5g / 100 gram daging merpati. Nilai ini tidak berbeda jauh dengan protein yang dimiliki daging sapi yaitu 18,8g / 100gram daging. Manfaat protein untuk tubuh kita sangatlah banyak, diantaranya adalah :

  1. Sebagai zat pembangun dalam tubuh. Protein bermanfaat sebagai zat pembangun dalam tubuh kita, dan apabila dikonsumsi secara cukup, protein ini dapat membantu proses pertumbuhan anak-anak dan remaja, karena kebutuhan protein sebagai zat pembangun dalam tubuhnya terpenuhi dengan baik.
  2. Sebagai zat pendukung metabolisme. Protein ini juga berfungsi sebagai zat pendukung dalam setiap aktivitas organ tubuh dan metabolisme.
  3. Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh
  4. Menyehatkan rambut dan kuku
  5. Membantu produksi enzim yang baik bagi tubuh
  6. Membantu menurunkan kemungkinan kelelahan

Khasiat daging merpati sebagai sumber protein memang cukup dapat diandalkan bagi kesehatan manusia.

Daging Merpati Memiliki Kandungan Mineral Tinggi

Beberapa kandungan dari mineral lain dalam daging merpati memiliki manfaat yang cukup banyak. Diantara mineral-mineral tersebut, salah satunya adalah selenium. Berikut adalah beberapa manfaat selenium dalam tubuh kita :

  1. Melindungi tubuh dari radikal bebas
  2. Meningkatkan fungsi tiroid
  3. Mengurangi resiko peradangan sendi
  4. Menurunkan kemungkinan nyeri otot
  5. Melindungi dari perubahan warna kulit
  6. Melindungi dari perubahan warna rambut
  7. Menurunkan resiko terkenakanker (beberapa jenis kanker)
  8. Serta mengurangi resiko terkena penyakit jantung
sponsored links

Mineral lainnya yang membawa manfaat dari daging merpati selain selenium adalah zinc. Berikut ini adalah beberapa manfaat zinc bagi tubuh kita:

  1. Mencegah penyakit kulit seperti kutil
  2. Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh
  3. Mendukung pertumbuhan sel
  4. Meningkatkan penyembuhan luka
  5. Meningkatkan kemampuan indera pembau
  6. Menormalkan kadar gula darah
  7. Mengatur metabolisme
  8. Menormalkan nafsu makan
  9. Mengurangi depresi
  10. Mendukung pertumbuhan yang sehat pada anak-anak.

Sumber Mineral lainnya :

Daging Merpati Baik Bagi Organ Tubuh Serta Darah

Selain kandungan protein yang tinggi dan mineral-mineral, kandungan gizi lainnya dalam daging merpati juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, diantaranya adalah:

  1. Mengoptimalkan fungsi hati dan ginjal
  2. Meningkatkan memori
  3. Menurunkan tekanan darah
  4. Mengatur kadar gula darah
  5. Meningkatkan kecerdasan otak.

Selain Daging, Hati dan Tulang Merpati Juga Bermanfaat

  • Bukan hanya dagingnya, ternyata hati burung merpati banyak mengandung kolin yang dapat membantu tubuh memanfaatkan kolesterol dan mencegah aterosklerosis (radang pada pembuluh darah).
  • Sedangkan pada tulang burung merpati terdapat zat yang dapat meningkatkan tingkat elastisitas kulit, serta memperbaiki sirkulasi darah.

Efek Samping Daging Merpati

Akan tetapi, semua yang bergizi belum tentu baik jika dikonsumsi tanpa memperhatikan kondisi. Jika dikonsumsi secara berlebihan daging merpati ini juga akan membawa efek buruk. Kandungan lemak dalam merpati terutama pada bagian kulitnya, cukup tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan tidak diseimbangkan dengan makanan bergizi lainnya.

Setelah membaca kandungan gizi dan manfaat daging merpati yang dimiliki si burung cantik ini, apakah anda tertarik untuk mengkonsumsinya? Pengolahan daging merpati yang baik, serta asupan makanan lain sebagai penyeimbang gizi adalah pilihan terbaik bagi kita yang ingin mengkonsumsinya. Apalagi dibarengi dengan olahraga dan pola hidup yang sehat, tubuh kita akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari semua yang kita konsumsi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 26th, February 2015 / 01:55 Oleh :
Kategori : Daging