Sponsors Link

22 Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan hasil laut yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Namun biasanya, ikan bandeng lebih terkenal dengan olahan bandeng presto nya, yang memudahkan dalam mengkonsumsinya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya duri yang terdapat di dalam tubuh ikan bandeng, sehingga banyak orang yang malas berurusan dengan duri pada ikan bandeng.

Ikan bandeng sendiri merupakan komoditi laut yang cukup menjanjikan di Indonesia, dan sudah mulai dikembangbiakan di dalam tambak – tambak. Ikan ini memiliki tekstur yang kenyal dan gurih, serta memiliki rasa yang khas. Ikan bandeng terkadang menjadi anak tiri, karena kalah pamor dengan ikan salmon, yang sebenarnya memiliki kandungan gizi yang tidak jauh berbeda.

Pada umumnya, ikan bandeng banyak dimanfaatkan sebagai :

  1. Ikan goreng
  2. Sup ikan
  3. Pindang dan tim ikan
  4. Bandeng presto
  5. Pepes bandeng

ikan bandengSebagai salah satu jenis ikan laut, tentu saja ikan bandeng ini memiliki beberapa kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh, sama seperti beberapa kandungan gizi yang terdapat pada jenis ikan laut lainnya, termasuk ikan salmon dan ikan tuna. Seperti manfaat ikan pada umumnya, bandeng juga memiliki sejuta manfaat.

Selain mengandung banyak gizi dan nutrisi, ikan bandeng juga dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat ikan bandeng bagi kesehatan tubuh antara lain :

  1. Mencegah penyakit jantung koroner

Ikan bandeng disinyalir dapat mencegah terjadinya penyakit jantung coroner pada tubuh kita. Karena itu, disarankan bagi anda yang ingin menghindari dan mencegah penyakit jantung coroner ini untuk mengkonsumsi ikan bandeng secara rutin. Dan disarankan pula untuk mengkonsumsi ikan bandeng yang direbus serta tidak digoreng.

Baik untuk jantung koroner:

  1. Menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh

Ikan bandeng memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Kandungan lemak tak jenuh ini dapat menyeimbangkan dan menurunkan kandungan lemak jahat dan kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh anda.

Baik untuk menurunkan kolesterol:

  1. Mengurangi resiko mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi

Ikan bandeng juga dipercaya data mengurangi resiko tubuh anda dalam mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sama seperti yang telah disebutkan, untuk mengurangi resiko hipertensi, disarankan untuk mengolah ikan bandeng dengan cara direbus, dan bukan digoreng.

baik untuk mengatasi hipertensi:

  1. Dapat diolah menjadi sup yang menyegarkan

Salah satu olahan dari ikan bandeng yang sangat sering ditemui adalah sup ikan bandeng. Bahan – bahan utamanya terdiri dari rempah yang menyegarkan, seperti jahe dan sereh. Selain itu biasanya juga ditambah dengan buah nanas yang sangat membantu menyegarkan kembali tubuh anda, terutama di siang hari.

Selain bagi kesehatan tubuh, ikan bandeng juga memiliki manfaat lain yaitu :

5. Menjadi lahan bisnis

Potensi bisnis yang dimiliki oleh ikan bandeng terbilang tinggi. Hal ini disebabkan oleh permintaan ikan bandeng yang tinggi. Bagi anda yang jeli dalam berbisnis, tentu saja ikan bandeng dapat menjadi penghasilan utam anda yang sangat besar. Berikut ini beberapa bisnis yang bisa anda tekuni dari ika bandeng :

  • Budidaya ikan bandeng
  • Penjualan hasil olahan ikan bandeng

Manfaat Bandeng Berdasarkan Kandungan Gizinya

Sama seperti jenis ikan laut yang sudah pernah dibahas sebelumnya, ikan bandeng pun memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. beberapa kandungan nutrisi dan mineral yang terkandung di dalam ikan bandeng malahan memiliki keunggulan dibandingkan produk ikan laut lainnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam ikan bandeng :

Protein

Anda sedang melakukan program pembentukan badan? Kalau begitu, ikan bandeng merupakan pilihan yang tepat bagi anda. mengapa? Karena setiap 100 gr daging ikan bandeng, mengandung 20 gr protein. Kandungan protein dalam ikan bandeng ini merupakan salah satu kandungan protein yang tergolong tinggi. Berikut ini manfaat dari protein yang terkandung dalam ikan bandeng :

  1. Membantu pembentukan otot
  2. Mengencangkan otot
  3. Membantu proses mengikat lemak
  4. Memperkuat tubuh
  5. Menambah masa otot

Perlu diperhatikan, anda dapat memperoleh manfaat protein dari ikan bandeng ini apabila mengolahnya dengan cara direbus, dan tidak digoreng.

Kalsium

sponsored links

Ikan bandeng juga merupakan salah satu jenis ikan laut yang tinggi kalsium. nyatanya, dalam 100 gr daging ikan bandeng, terkandung 20 mg kalsium. paling tidak, kandungan tersebut dapat membantu pemenuhan kebutuhan tubuh anda akan kalsium setiap harinya. Berikut ini beberapa manfaat dari kalsium bagi tubuh :

  1. Memperkuat dan memperkokoh tulang
  2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  3. Menambah tinggi badan
  4. Mencegah osteoporosis

Fosfor

Ada kalsium, ada fosfor. Kedua zat tersebut merupakan jenis zat yang tidak terpisahkan untuk menjaga kesehatan tulang kita. Dan faktanya adalah, setiap 100 gr daging ikan bandeng, mengandung 150 mg fosfor. Tentu saja kandungan fosfor ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan fosfor. Fosfor sendiri bermanfaat untuk :

  1. Menjaga kesehatan tulang
  2. Memperkuat tulang dan gigi

Zat besi

Ikan bandeng ternyata juga memiliki kandungan zat besi. Zat besi biasanya bermanfaat untuk :

  1. Mencegah terjadinya anemia
  2. Mengontrol produksi darah
  3. Mempercepat penyembuhan luka

Dalam 100 gr daging ikan bandeng, terkandung 2 mg zat besi.

Vitamin A

Ikan bandeng pun ternyata memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Terbukti, 100 gr daging ikan bandeng mengandung 150 IU vitamin A. kandungan ini akan sangat bermanfaat bagi kebutuhan pemenuhan vitamin A tubuh, yang :

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Mencegah terjadinya gangguan pada mata
  3. Menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh

Omega 3

Apabila selama ini anda beranggapan bahwa ikan salmon adalah ikan yang memiliki kandungan omega 3 tertinggi, anda salah besar. Faktanya adalah, ikan salmon kandungan omega 3 nya hanya 1/6 dari ikan bandeng. Itu artinya, kandungan omega 3 dari ikan bandeng jauh lebih tinggi dibandingkan kandungan omega 3 pada ikan salmon. Omega 3 ini bermanfaat untuk :

  1. Perkembangan fungsi kognitif
  2. Bagi ibu hamil, dapat menjaga kesehatan janin, dan mengoptimalkan perkembangan janin selama masa kandungan

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari ikan bandeng. Semoga informasi ini bermanfaat.

Manfaat berbagai jenis ikan lainnya:

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Monday 13th, April 2015 / 12:38 Oleh :
Kategori : Daging