Sponsors Link

20 Manfaat Tumbuhan Lumut bagi Manusia dan Lingkungan

Sponsors Link

Tumbuhan lumut terdiri dari sekumpulan tumbuhan kecil. Tumbuhan ini menjadi pelopor sebelum akhirnya ada tumbuhan lain yang tumbuh di tempat tersebut. Walaupun ukurannya kecil, namun tumbuhan ini mampu membuat koloni dan mampu tumbuh menjangkau area yang sangat luas.

ads

Tumbuhan Lumut dalam Ekosistem

manfaat tumbuhan lumutTumbuhan ini memiliki peranan penting dalam ekosistem. Tumbuhan ini memiliki peranan dalam menyediakan oksigen untuk tumbuhan lain, mengingat tumbuhan lumut memiliki sifat sel yang menyerupai spons untuk menyerap air. Tumbuhan ini selalu menjadi perintis untuk tumbuh di tempat yang tidak disukai tanaman pada umumnya.

Tumbuhan lumut bisa kita jumpai di tempat-tempat lembab. Lumut yang halus dan juga licin kadang membuat kita terpeleset saat menginjaknya. Namun tahukah Anda bahwa tumbuhan ini sangat bermanfaat dalam kehidupan kita.

Berikut manfaat yang bisa di dapat dari adanya koloni tumbuhan kecil ini. :

Manfaat Tumbuhan Lumut bagi dunia medis

Beberapa jenis tumbuhan lumut dijadikan obat untuk mengatasi beberapa penyakit. Jenis tumbuhan lumut yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan adalah lumut daun dan juga lumut hati. Jenis lumut ini, bisa dijadikan obat untuk membantu kesehatan manusia seperti:

1. Sebagai bahan pembuatan obat kulit

Hal ini pertama kali di lakukan negara China, dimana pada zaman dahulu lumut di jadikan masyarakat china untuk membuat ramuan tradisional untuk mengatasi penyakit kulit.

2. Bahan pembuatan obat mata

Lumut memiliki sifat yang baik yaitu bisa dijadikan sebagai antibakteri. Sifat inilah yang digunakan oleh dunia medis untuk mengobati beberapa penyakit mata.

3. Untuk obat hepatitis

Tidak hanya bagi mata, penyakit yang menyerang hati seperti hepatitis juga bisa diobati dengan obat yang tebuat dari lumut jenis marchantia polymorpha.

4. Sebagai obat antiseptik

Lumut juga di gunakan sebagai zat antiseptik yang membantu membunuh kuman-kuman. Zat antiseptik sering jumpai dalam pembuatan sabun-sabun kesehatan dan juga obat kumur pembersih mulut. Untuk membuat zat antiseptik di butuhkan lumut berjenis frullania tamaricis. Fungsi antiseptik seperti ini juga terdapat pada :

5. Obat penyakit jantung

Bagi yang memiliki penyakit jantung tentu akrab dengan obat-obat untuk mengatasi jantung. Tahukan bahwa salah satunya terbuat dari lumut. Lebih tepatnya adalah lumut cratoneuron yang bisa di buat menjadi obat menormalkan detak jantung.

6. Obat pneumonia

Lumut memang berperan penting dalam dunia medis. Tidak hanya mata, kulit, hati, hingga jantung. Lumut juga bermanfaat dalam pembuatan obat untuk penyakit pneumonia.

7. Mengobati luka bakar dan luka luar

Anda pernah mengalami luka bakar atau luka luar akibat terjatuh atau tergores benda tajam? Bagi orang china dahulu ketika mengalami hal serupa, mereka menggunakan lumut untuk mengatasinya.

Kini dunia medis menciptakannya lebih steril, sifat antiseptik pada lumut jenis canocphalum di gunakan untuk mengatasi obat luka bakar dan luka luar. Khasiat seperti ini juga di dapat pada :

8. Zat anti kanker

Sifat antibakteri pada lumut di percaya juga menjadi anti sel-sel kanker. Pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh bisa dicegah dengan obat yang terbuat dari lumut.

9. Sebagai obat anti jamur

Jamur memang sering menyerang kulit terluar kita. Biasanya juga jamur menyerang kulit bagian-bagian lipatan kulit seperti leher, kaki, hingga daerah paha. Saat ini telah banyak obat jamur yang juga terbuat dari lumut.

10. Dijadikan obat bius

Obat bius sangat dibutuhkan dalam dunia medis, terutama untuk kepentingan operasi. Obat bius yang digunakan oleh medis terbuat juga dari lumut dengan jenis rhodobryum giganteum.

11. Obat Hipertensi

Jenis lumut hati selain digunakan untuk obat bius juga digunakan sebagai pembuatan  obat darah tinggi. Sifat penenang pada lumut bisa di jadikan obat untuk mengontrol tekanan darah.

12. Mengatasi bisa ular

Lumut juga dapat menghilangkan racun yang disebabkan oleh bisa ular yang menggigit kita. Lumut yang digunakan adalah lumut jenis marchantia polymorpha.

Manfaat Tumbuhan Lumut untuk Fungsi Ekologis

Tumbuhan ini memegang peranan penting dalam ekosisitem. Sifat perintisnya menjadi pembuka ruang untuk ditumbuhi tanaman-tanaman lainnya. Bagi manusia sifat yang dimiliki oleh tumbuhan ini sangat bermanfaat dalam menjaga keseimbangan lingkungan.

Tumbuhan lumut yang lebat di alas-alas dan pohon-pohon di hutan sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk sekitar. Tidak hanya untuk tumbuhan lain, namun juga untuk manusia.

Kegunaan tumbuhan lumut bagi lingkungan kita adalah:

1. Menahan erosi tanah

Pengikisan tanah juga bisa di cegah dengan kehadiran lumut. Sifat penyerap air dengan baik yang dimiliki lumut membantu tanah terjaga kepadatannya dan tidak mudah mengalami erosi.

2. Mengurangi bahaya banjir

Lumut juga berperan dalam mencegah bencana banjir, karena air hujan yang turun diserap dengan baik oleh tumbuhan lumut.

3. Meningkatkan sumber air

Manfaat tumbuhan lumut juga dirasakan saat musim kemarau datang. Musim yang berpotensi mendatang kekeringan ini memberikan ancaman minimnya ketersediaan air bagi manusia. Lumut membantu mengatasinya, karena lumut mempercepat proses penyerapan air saat kemarau sehingga mampu menjaga ketersediaan air tanah atau air sumur.

4. Mensuplai oksigen

Lumut juga bagian dari tumbuhan yang memiliki zat hijau. Layaknya tumbuhan lain, lumut juga melakukan fotosintesis. Hasil dari fotosintesis ini salah satunya adalah menghasilakan manfaat oksigen bagi manusia.

Kegunaan Tumbuhan Lumut Lainnya

ads

Tidak hanya sebagai fungsi medis dan ekologis saja. Tumbuhan ini memiliki struktur lembut dan sifat yang mirip dengan spons. Struktur yang nampak halus dengan warna homogen ini bisa menjadi hiasan pelengkap keindahan rumah.

Manfaat tumbuhan lumut lain adalah sebagai berikut :

1. Sebagai tanaman hias

Bagi yang ingin mempercantik eksterior rumah bisa menggunakan manfaat tanaman hias dari lumut, untuk memperindah ornamen ruangan atau halaman rumah.

2. Bahan pembuatan pembalut

Lumut jenis spagnhum yang mirip dengan struktur spons memiliki daya serap yang cukup baik. Lumut ini dijadikan sebagai bahan pembuatan pembalut dan bisa juga untuk menggantikan kapas.

3. Membantu pertumbuhan rambut

Lumut fissidens japonicum digunakan sebagai obat penumbuh rambut. Biasanya obat ini di gunakan untuk obat luar dan di oleskan di kepala yang ingin mempercepat pertumbuhan rambut.

4. Lumut yang mati jadi pupuk

Lumut memang sangat bermanfaat, bahkan walaupun saat lumut tersebut sudah mati namun tetap memberikan manfaat dengan fungsi organik yang melekat walaupun sudah mati. Manfaat lumut mati bisa dijadikan pupuk untuk tanaman lain

Mengenal Tumbuhan Lumut

tumbuhan lumut ini memiliki sekitar 4000 spesies sedangkan 3000 spesies diantaranya berada di negara kita, Indonesia. Berbagai spesies tumbuhan lumut tersebut memiliki yang penting bagi kehidupan manusia.

  • Habitat dari tumbuhan ini bisa kita temui di tempat yang lembab, pohon, tembok, lantai dasar hutan, sumur, kamar mandi, dan juga permukaan batu bata.
  • Tumbuhan lumut yang sering kita jumpai adalah fase gametofit dari peralihan antara thallophyta dan cormophyta.
  • Memiliki akar semu yang berfungsi untui menyerap air dan zat hara untuk di angkut kedalam tubuh
  • Tumbuhan lumut tidak memiliki sistem pembuluh pengangkut
  • Mengalami metagenesis, pergiliran antara fase vegetatif dan fase gametofit.
  • Tumbuhan lumut ada yang berbentuk lembaran, seperti lumut hati. Namun ada juga yang berukuran kecil tegak seperti lumut daun.
  • Pada umumnya memiliki tinggi 1-2 cm saja. Sedangkan untuk lumut yang besar, bisa sampai 20 cm yang mungkin hanya bisa kita temui di hutan-hutan.

Penelitian yang sudah lama dilakukan terhadap masyarakat cina yang menggunakan tanaman ini sebagai ramuan obat tradisional, kini banyak para ahli medis menggunakan 40 jenis lumut sebagai bahan pembuatan obat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 04th, April 2015 / 07:21 Oleh :
Kategori : Tumbuhan