Sponsors Link

15 Manfaat Kacang Kapri Untuk Ibu Hamil, Diet dan Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Manfaat Kacang KapriKacang kapri adalah tanaman yang termasuk dalam jenis polong-polongan. Kacang ini sering kita  jumpai  dalam berbagai masakan seperti sup, sambal goreng, sayur dan jenis masakan lainnya. Selain itu kacang kapri juga dapat disajikan  menjadi camilan renyah yang sangat nikmat menemani waktu santai kita.

ads

Rasanya yang gurih  dan  renyah membuat kacang kapri cocok untuk camilan  maupun  bumbu  masakan. Kacang kapri ternyata memiliki gizi yang tinggi, yang sangat cocok untuk dikonsumsi ibu hamil, orang yang sedang diet serta menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan

Kandungan dalam kacang kapri memiliki manfaat yang luar biasa. Hal ini membuatnya mampu menjaga kesehatan bagi tubuh, seperti berikut :

1. Mencegah peradangan – Kacang kapri mengandung  senyawa anti radang. Kacang kapri menjadi makanan yang sangat disarankan dikonsumsi untuk mencegah radang. Senyawa anti radang kacang kapri juga mampu menyembuhkan penyakit asma. Kacang kapri juga menyembuhkan radang pada sendi atau yang disebut asam urat.

2. Meredakan flu – Kandungan vitamin C dalam kacang kapri mampu meningkatkan sistem imun tubuh untuk memerangi virus flu yang menyerang.

3. Mencegah anemia  Kacang kapri mengandung zat besi tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan sel darah merah dalam tubuh, sehingga tubuh terhindar dari penyakit anemia. Zat besi juga banyak ditemui pada sayuran berdaun hijau, seperti manfaat bayam.

4. Mencegah kanker – Kacang kapri juga mengandung betakarotin tinggi yang mampu mencegah timbulnya sel-sel kanker dalam tubuh.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh – Kandungan vitamin B  yaitu riboflavin dalam kacang kapri mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Mencegah osteoporosis – vitamin K juga yang terkandung dalam kacang kapri, akan memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

7. Menjaga kesehatan kulit – manfaat vitamin B yang terkandung dalam kacang  kapri juga membantu menjaga kesehatan kulit. Riboflavinnya juga mempu menyehatkan rambut.

8. Menjaga kesehatan syaraf – Kandungan niacin dalam kacang kapri berfungsi untuk menjaga koordinasi syaraf agar tetap baik.

9. Menyehatkan mata – Manfaat vitamin A juga terdapat dalam kandungan kacang kapri, yang mampu menjaga kesehatan mata.

ads

Manfaat Kacang Kapri Untuk Kehamilan

Telah kita ketahui bahwasanya ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang bergizi tinggi untuk menjaga kesehatan dirinya dan kesehatan janin yang dikandungnya. Ibu hamil juga tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan, namun kacang kapri dapat disajikan secara sehat untuk ibu hamil.

10. Membantu pertumbuhan tulang janin – Kacang kapri memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Kandungannya ini membuatnya mampu mencukupi kebutuhan vitamin K pada ibu  hamil, yang sekaligus membantu pertumbuhan tulang pada janin. Vitamin K juga banyak ditemui pada manfaat kacang merah.

11. Mencegah rusaknya DNA – Manfaat vitamin C  yang  terkandung dalam kacang kapri mampu mencegah rusaknya DNA dalam tubuh. Dengan demikian ibu hamil yang mengkonsumsi kacang kapri dapat mencegah terjadinya kelahiran cacat pada janin.

12. Mengoptimalkan pertumbuhan jantung janin – Kandungan asam folat pada kacang kapri sangatlah bagus untuk dikonsumsi ibu hamil agar janin yang dikandungnya memiliki jantung yang sehat. Asam folat juga banyak terdapat pada manfaat alpukat.

Manfaat Kacang Kapri Untuk Diet

Selain enak dan gurih kandungan kacang kapri yang sangat baik bagi ibu hamil ini, juga baik bagi orang yang sedang diet.

13. Cemilan saat diet – Kacang kapri memiliki serat yang tinggi serta kadar kalori yang sedikit, sehingga kacang kapri merupakan alternatif cemilan yang sehat untuk yang sedang menjalani diet. Selain kacang-kacangan, manfaat buah buahan seperti apel, strawberry dan anggur dapat menjadi cemilan diet yang lezat.

14. Menjaga sistem pencernaan tubuh – Kesehatan pencernaan sangat penting untuk menunjang program diet, karena kacang kapri mengandung vitamin niacin. Hal ini sama dengan manfaat buah pepaya untuk melancarkan pencernaan.

15. Memberi asupan energi tubuh

Kacang kapri juga mengandung karbohidrat yang dapat memasok energi untuk tubuh. Hal ini cukup membantu saat menjalani program diet, sebagai pengganti manfaat nasi yang memasok karbohidrat.

Adapun manfaat kacang kapri yang sedemikian rupa, sehingga tidak hanya direkomendasikan untuk ibu hamil ataupun yang menjalani program diet. Namun kacang kapri sangat layak dikonsumsi bagi anak-anak.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 20th, January 2015 / 07:47 Oleh :
Kategori : Sayuran