15 Manfaat Buah Elai untuk Kesehatan Tubuh

Buah Elai atau Lai adalah buah yang berasal dari kalimantan, tepatnya banyak ditemukan di kalimantan timur, dan di daerah kutai kartanegara. Di kalimantan sendiri buah elai lebih dikenal dengan nama buah pampaken. Buah elai tumbuh subur di daratan negara tropis. Di negara Malaysia buah elai lebih dikenal sebagai nama durian nyekak, dan sedangkan di Brunei buah elai di sebut durian pulu. Selain di kalimantan, buah elai ini juga tumbuh subur di daratan sumatera dan jawa.

manfaat buah elaiKarakteristik buah elai

Buah elai memang sangat mirip dengan durian, kulitnya pun berduri tajam, dan aromanya juga khas mirip durian namun tidak lebih menyengat daripada durian. Jika di lihat dari luar memang buah ini sangat mirip dengan king of fruit(julukan buah durian). Kita baru bisa membedakan jika di sudah buka dalamnya. Daging buah elia umumnya berwarna orange berbeda dengan durian yang warnanya kuning pucat.

Perbedaan lainnya bisa diketahui pada daging buahnya, yang mana buah elai lebih kering dan kasar daripada durian. Rasanya pun lebih manis dan tidak ada bau gas yang kuat seperti buah durian. Ada yang bilang bahwa rasanya manis seperti ubi madu.

Kandungan gizi Buah Elai

Buah Lai atau elai diketahui tidak mengandung kolesterol dan rendah akan kandungan alkohol, bahkan lebih rendah daripada buah durian asli. Memiliki kandungan tryptophan yang tinggi untuk mempengaruhi mood di dalam pikiran. Kandungan penting lainnya yang dimiliki oleh durian elai adalah kandungan kalium, serat, vitamin C, dan vitamin B Kompleks yang tinggi. Kandungan gizi inilah yang membuat manfaat buah elai, sangat baik bagi tubuh yaitu :

1. Memperlancar BAB

Buah elai memiliki kandungan serat yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan serat. Kita tahu bahwa nutrisi dalam serat akan membantu proses pencernaan berjalan dengan lancar. Kandungan serat untuk organ pencernaan akan membuat kita terhindar dari sembelit dan memperlancar proses BAB tiap harinya.

2. Kesehatan kulit

Kandungan manfaat vitamin C dan memiliki sifat antioksidan sangat penting bagi kebutuhan kulit akan mineral vitamin. Elai banyak di olah menjadi bahan perawatan kulit untuk kecantikan. Sifat antioksidan pada buah ini akan mampu membuat kulit tampak cerah dan menghilangkan kerutan, sehingga akan mengurangi resiko penuaan dini. Selain itu masker yang dibuat dari buah ini akan membuat kulit wajah kita bersih dari noda hitam dan jerawat.

3. Memperkuat persendian tulang

Buah  elai memiliki kandungan potasium, kalium dan kalsium. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk membentuk sel-sel tulang baru. Sehingga regenerasi sel tulang yang sudah tua akan digantikan dengan sel tulang baru yang tentunya turut menjaga kekuatan tulang dan persendian kita.

4. Memperkuat gigi

Tidak hanya tulang dan persendian, kandungan kalsium juga sangat penting untuk membentuk sel gigi. Buah elai juga memiliki kandungan fosfor yang sangat penting untuk mempengaruhi proses pembentukan sel gigi oleh manfaat kalsium.

5. mengoptimalkan Produktifitas Kerja

Makan buah elai dapat membuat mood kita menjadi lebih baik karena kandungan tryptophan. Selain itu dengan makan buah elai akan membuat lebih giat untuk beraktifitas, karena kandungan manfaat vitamin B tepatnya vitamin B6, Kandungan Vitamin B6 dan Vitamin C yang tinggi akan membuat kebugaran tubuh Anda terjaga. Ditunjang dengan kadar alkohol buah elai yang sedikit maka akan membuat terhindar dari rasa pusing. Kondisi tersebut akan membuat kita begairah saat bekerja.

6. Meningkatkan vitalitas bagi pria

Buah elai yang diketahui rasanya yang sangat manis daripada durian asli serta kandungan alkohol yang tidak berlebihan dipercaya akan meningkatkan vitalitas pada pria. Hormon tryptophan yang aktif saat mengkonsumsi buah ini akan membuat kebugaran fisik pria meningkat.

7. Menambah nafsu makan

Kandungan penting lainnya yang terdapat pada buah elai adalah kandungan thiamin dan vitamin B1. Stimulus yang diberikan adalah akan membuat nafsu makan kita meningkat. Bagi yang memiliki nafsu makan atau biasanya masalah ini terjadi pada anak-anak, tidak ada salahnya untuk makan buah elai secukupnya untuk menambah nafsu makan.

8. Mengurangi resiko anemia

Kandungan folat atau bisa juga disebut  Vitamin B9 yang terdapat pada buah duruan elai sangat baik untuk membantu produksi sel darah merah. Vitamin B9 sangat baik untuk mengurangi terkena resiko anemia atau kekurangan sel darah merah.

9. Meredakan migrain

Migrain atau bisa juga disebut sakit kepala yang menyerang bagian kepala tertentu sangat mengganggu aktivitas . Riboflavin yang merupakan vitamin B pada buah elai diyakini mampu mengurangi sakit kepala atau pusing. Buah durian elai salah satu buah yang memiliki kandungan riboflavin yang tinggi hingga 29%.

10. Mencegah stress

Hormon yang mempengaruhi suasana hati kita adalah serotonin. Hormon tersebut bisa aktif banyak dipengaruhi oleh kandungan vitamin B6 pada tubuh. Penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang depresi dikarenakan kekurangan vitamin B6. Oleh karena itu buah elai yang cukup akan kandungan B6-nya akan membantu terhindar dari stress.

11. Meningkatkan stamina tubuh

Buah elai sama dikenal memiliki kandungan lemak dalam karbohidrat yang banyak seperti pada manfaat buah durian. Karbohidrat adalah nutrisi untuk meningkatkan energi. Konsumsi karbohidrat yang cukup seperti pada konsumsi buah elai akan meningkatkan kebutuhan energi Anda.

12. Kesehatan organ pencernaan

Selain kandungan serat yang sangat baik untuk menjaga fungsi organ pencernaan kita terutama usus. Buah elai juga memiliki senyawa antacid yang efektif untuk mengatasi rasa nyeri pada lambung.

13. Cocok untuk diet penambah berat badan

Jenis buah durian ini memang banyak diketahui bahwa memiliki kandungan kalori yang sangat banyak, selain itu asupan karbohidrat yang terdapat pada buah ini juga tinggi. Bagi yang ingin diet untuk meningkatkan berat badan, maka tidak ada salahnya untuk memasukkan menu durian elai dalam daftar makanan sehari-hari.

14. Mengatasi insomnia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa setelah makan buah elai akan mempengaruhi suasana hati. Selain itu kandungan tripthopan juga akan membuat pikiran kita menjadi lebih rileks, para pakar sepakat bahwa perasaan nyaman sebelum tidur akan membuat kualitas tidur jadi lebih baik yaitu tidur akan lebih nyenyak.

15. Mencegah kanker

Buah elai seperti buah durian memiliki kandungan vitamin yang memiliki sifat dan manfaat antioksidan untuk menangkal radikal bebas, namun buah elai memiliki kadar alkohol lebih rendah daripada durian. Sifat antioksidan tersebut akan efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Peringatan konsumsi Buah Elai

Buah elai sama seperti buah durian lain yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan tinggi akan  lemak dalam karbohidrat, walaupun sedikit buah elai juga memiliki kandungan alkohol. Perlu diperhatikan untuk Ibu hamil agar tidak mengkonsumsi lebih dari 1 buah elai dalam sehari. Hal ini bisa memicu kontraksi dan menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur,  yang disebabkan oleh kandungan alkohol dan arachidonat yang terdapat pada buah sebangsa durian ini. Selain itu, bagi yang sudah terkena asam urat dan diabetes sebaiknya perlu rekomendasi dokter untuk bisa mengkonsumsi buah ini.

Mengenal Tanaman Buah Elai

Buah elai memiliki bahasa latin durio kutejensis, yang kerap disilangkan dengan tanaman buah durian dan menghasilakan tanaman silang yang bisa disebut elai durian. Hasil variasi persilangan pada buah elai kini bisa juga ditemukan memiliki warna yang bervariasi, mulai dari warna kuning hingga merah. Berbagai varietas dari buah elia ini sudah dipatenkan dengan dikeluarkannya surat keputusan kementrian pertanian. Elai durian ini, merupakan hasil persilangan dari buah elia dan durian ini biasa disebut dengan varietas elia mahakam.

Pohon Buah Elai

Bagaimana dengan harganya? Buah ini memiliki harganya yang bergantung dengan musim panen, jika saat panen akan lebih murah, bisa sekitar 15-25 ribu, namun jika diluar masa panen maka harganya bisa sampai 30-75 ribu. Musim panennya sendiri berkisar pada bulan januari sampai maret. Pohon buah elai sendiri ukurannya cukup tinggi, sekitar 20-30 m tingginya dengan habitat aslinya di hutan lereng di daerah kalimantan tengah.

keunggulan buah elai memiliki daya simpan yang lebih lama daripada buah durian. Tanaman ini bisa menjadi potensi komoditas yang bisa diandalkan mendampingi durian untuk mendukung ekspor komoditi pertanian Indonesia.

, , , ,
Post Date: Thursday 19th, March 2015 / 05:08 Oleh :
Kategori : Buah Buahan