Sponsors Link
     Sponsors Link

14 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Manfaat sit upSit Up adalah olahraga yang sangat terkenal dikalangan wanita, meskipun pria juga sering melakukan latihan ini.Gerakan sit up pada dasarnya akan menguatkan otot pada bagian perut. Namun sit up lebih menekan ke bagian otot punggung. Banyak orang yang tidak mau melakukan sit up karena sering merasa sakit dan kurang nyaman pada bagian perut bawah dan punggung.

padahal rasa sakit dan kurang nyaman ini, sebenarnya disebabkan karena ada sistem otot perut pada bagian bawah yang mengalami gerakan cepat saat sip up. Jika hal ini terjadi, berarti gerakan sit up yang dilakukan kurang tepat atau ada kesalahan posisi.

Melakukan sit up secara rutin akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Berikut ini adakah beberapa macam manfaat sit up untuk kesehatan.

1. Menjaga Kestabilan Gerakan Tubuh

Melakukan sit up secara rutin akan membuat sistem otot pada bagian perut menjadi lebih kuat seperti yang di dapat dari manfaat skot jump. Selain itu gerakan sit up yang tepat akan membuat keseimbangan pada bagian perut, bahu, lengan, pinggul dan punggung. Jika sit up dilakukan tanpa bantuan peralatan, maka otot perut akan terlatih lebih kuat untuk mengangkat beban tubuh.

2. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Apakah sering mengalami jatuh? Semua orang pasti pernah jatuh, namun sering jatuh saat sudah dewasa berarti ada masalah dengan keseimbangan badan. Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan sit up secara rutin. Manfaat sit up akan membuat gerakan otot pada bagian pinggul menjadi lebih kuat. Manfaat olahraga sit up juga akan membuat otot pada bagian kaki, perut dan lengan menjadi lebih stabil sehingga membuat badan lebih bugar dan seimbang.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh

Menderita penyakit ringan ataupun penyakit berat menjadi hal yang sangat menyulitkan dalam hidup. Pada dasarnya memelihara kesehatan tidak harus dilakukan dengan cara yang mahal. Cukup mengkonsumsi makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi seperti manfaat buah-buahan dan sayuran. Selain itu perhatikan untuk terus melakukan olahraga ringan seperti sit up.

Sit up akan membantu peredaran darah di daerah perut dan pinggul. Kedua bagian tubuh ini akan mempertahankan berbagai sistem yang sangat penting untuk kesehatan seperti pencernaan dan imunitas tubuh.

3. Menjaga Sistem Metabolisme

Sistem metabolisme dalam tubuh diperlukan untuk mengolah berbagai jenis zat asing yang masuk ke tubuh termasuk makanan. Sistem metabolisme melibatkan berbagai jenis hormon termasuk hormon pertumbuhan. Jika sistem metabolisme tidak berjalan lancar maka ada sisa-sisa metabolisme yang berkumpul pada beberapa organ. Sebagai solusi yang sangat mudah adalah dengan melakukan sit up.

Sit up membangun semua otot di bagian perut. Ketika semua otot perut bekerja secara aktif maka pasokan oksigen untuk pembuluh darah akan terpenuhi. Hal ini membuat darah bisa membantu sistem metabolisme pada tubuh.

4. Menjaga Pencernaan

Setiap hari manusia membutuhkan makan sebagai sumber tenaga. Makanan yang masuk ke tubuh akan diolah oleh organ pencernaan diantaranya adalah kerongkonan dan usus. Bagian pencernaan yang paling banyak bermasalah adalah usus. Semua sisa makanan yang berkumpul pada usus dapat menyebabkan radang atau kanker. Hal ini sering terjadi karena kekurangn serat pada manfaat sayur-sayuran.

Namun selain asupan serat, cara lain untuk mencegah semua penyakit ini maka bisa melakukan sit up secara rutin. Sit up akan menggerakkan semua otot dalam perut. Otot perut akan mendorong agar usus bisa melakukan pekerjaannya dalam mengolah semua makanan yang masuk. Jadi, sit up rutin akan membuat pekerjaan usus menjadi lancar dan Anda bisa terhindar dari penyakit.

5. Menjaga Postur Tubuh

Memiliki postur tubuh yang sempurna adalah keinginan semua orang, namun memiliki postur yang terlihat menarik dan sempurna memang tidak harus dilakukan dengan cara yang mahal. Kita bisa melakukan latihan sit up rutin selama 10 hingga 20 kali setelah bangun tidur. Sit up akan membangun semua otot tubuh bekerja dengan baik sehingga tubuh menjadi lebih stabil, seimbang dan bisa mendapatkan postur tubuh yang baik.

6. Menjaga Kesehatan Otot

Meskipun secara umum manfaat sit up hanya bekerja untuk meningkatkan sistem kerja otot perut, namun sebenarnya sit up juga penting untuk menjaga kesehatan otot tubuh. Massa otot tubuh yang sehat akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih bugar. Melakukan sit up secara rutin akan membuat otot tubuh terlatih melakukan gerakan.

Gerakan menarik tubuh dan meletakkan punggung dalam sit up sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan otot tubuh. Akibatnya adalah massa otot tubuh akan berkembang dan bisa membuat tubuh lebih sehat.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah dalam tubuh menjadi salah satu proses inti kehidupan. Darah menjadi media untuk memasok ketersediaan oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu cara agar darah bisa bekerja secara maksimal adalah jumlah kandungan oksigen yang harus tersedia dalam jumlah tertentu. Jika manusia kekurangan oksigen dalam darah maka sistem metabolisme tidak akan berlangsung dengan baik.

Hal ini akan memicu timbulnya berbagai penyakit seperti serangan jantung, gagal ginjal dan penyakit lain. Melakukan sit up secara teratur akan membuat kerja otot bekerja secara maksimal sehingga peredaran darah dalam tubuh juga berjalan dengan baik.

8. Membantu Meredakan Nyeri Punggung Bawah

Apakah pernah merasakan sakit pada bagian punggung bawah? Sakit ini lebih sering dikatakan sebagai sakit pinggang. Pada dasarnya rasa sakit ini dapat muncul karena ada sistem kerja otot yang tidak benar. Sistem otot bisa terlalu kaku sehingga akan terasa nyeri jika tubuh melakukan berbagai aktivitas. Untuk mengatasi masalah ini maka bisa mencoba untuk sit up selama 5 hingga 10 kali dalam sehari. Lakukan saat pagi atau sore hari.

Pada latihan pertama mungkin punggung bawah akan terasa sakit, namun jika sudah terbiasa maka tubuh akan terasa nyaman. Optimalkan dengan mengkonsumsi manfaat air putih untuk mencegah masalah pinggang yang lebih parah.

9. Membantu Pembentukan Fisik

Memiliki penampilan fisik yang menawan akan menjadi dukungan penampilan yang sangat penting. Biasanya laki-laki akan melakukan fitness untuk mendapatkan bentuk badan yang terlihat dengan massa otot yang kuat. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu maka lakukan latihan sit up secara rutin. Sit up yang dilakukan untuk menarik kekuatan otot perut akan membentuk perut menjadi “six-pack”. Perut akan terlihat rata seolah-olah tidak ada lemak. Selain itu sit up juga akan membuat postur tubuh bagian bawah dan atas menjadi lebih seimbang.

10. Menurunkan Lemak dalam Tubuh

Sit up biasanya dilakukan hanya sebagai latihan ringan untuk memperkuat otot pada bagian perut, namun jika melakukan sit up secara rutin maka gerakan otot perut akan membakar lemak pada anggota tubuh yang terhubung. Lemak pada bagian perut, pinggang dan dada bisa diatasi dengan melakukan sit up.

sponsored links

Manfaat Sit up adalah olahraga yang bisa membantu tubuh dalam melakukan proses pembakaran kalori. Waktu terbaik untuk melakukan sit up dalam setiap hari adalah selama 15 menit. Anda bisa membuat target jumlah sit up atau melakukan latihan secara rutin.

11. Pembentukan Pinggul

Memiliki bentuk pinggul yang indah akan menjadi hal paling menyenangkan bagi wanita. Untuk mendapatkan bentuk pinggul indah dan tidak terlihat berlemak dapat dilakukan dengan sit up. Sit up akan menjaga semua otot yang bekerja pada bagian perut, pinggul dan kaki menjadi lebih stabil.

Sit up juga akan menempatkan bentuk pinggul saat sudah lanjut usia. Hal ini akan mencegah berbagai masalah tulang dan otot saat sudah lanjut usia.

12. Membentuk Otot Dada

Otot dada yang kuat dan sehat akan terlihat dari bentuk dada yang sesuai dengan postur tubuh. Bagi wanita memiliki otot dada yang kuat akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Ketika melakukan sit up maka ada gaya tarik yang sangat besar antara bagian perut saat bangun dan perut saat posisi tidur. Kekuatan  otot lengan yang berusaha untuk membuat otot perut bekerja maksimal akan mendukung pembentukan dada secara alami seperti manfaat push up.

13. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Memiliki tulang kuat dan otot yang sehat akan mempengaruhi kehidupan kita saat lanjut usia. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan otot dan tulang adalah dengan melakukan sit up secara rutin. Latihan sit up akan membuat semua otot pada bagian perut, punggung bawah, tumit, kaki dada dan lengan bisa terlatih secara alami. Otot akan bekerja mengalirkan kekuatan ke bagian tulang rawan ke seluruh tubuh.

Akibatnya massa otot pada tubuh akan bertahan dalam waktu lama bahkan hingga lanjut asia. Kekuatan otot pada semua bagian tubuh dan tulang rawan akan mencegah penyakit tulang  keropos.

14. Memperpanjang Harapan Hidup

Manfaat pola hidup sehat memang tiada tergantikan. Menghabiskan waktu hingga memiliki suami, anak-anak dan cucu adalah keinginan yang sangat wajar. Namun untuk mewujudkan keinginan ini juga harus melakukan beberapa usaha. Salah satunya adalah dengan melakukan sit up.

Sit up sudah terbukti bisa menambah kekuatan otot dan tulang, meningkatkan sistem kesehatan dan imunitas, menjaga sistem metabolisme dan membantu tubuh memelihara kesehatan secara keseluruhan. Dengan melakukan sit up secara teratur paling tidak salam 15 menit dalam satu hari akan membuat kesehatan tubuh menjadi lebih bugar. Dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar maka Anda bisa mempertahankan sistem tubuh sehingga bisa memiliki umur yang panjang.

Sit up yang benar tidak akan menyebabkan rasa nyeri pada otot. Banyak orang yang baru pertama kali melakukan sit up biasanya akan merasa sakit pada bagian perut. Untuk mencegah semua rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada bagian perut bawah, Anda bisa melakukan sit up sesuai petunjuk di bawah ini:

  1. Ambil matras untuk digunakan sebagai alas tubuh. Lakukan posisi telentang dengan lutut yang ditekuk. Ambil posisi tumit dengan jarak 1 meter di depan tulang belakang. Silangkan jari-jari pada bagian belakang kepala.
  2. Tekan bahu secara bersamaan, ambil tenaga pada bagian perut, buang nafas dan angkat kepala ke atas lutut yang telah ditekuk. Jangan melakukan tekanan dan tarikan pada bagian leher, saat kepala hampir sampai ke bagian lutut, maka angkat dagu ke bagian atas.
  3. Agar tulang punggung dan tulang ekor tidak sakit selama sit up, maka jangan mendekatkan bagian bawah kaki ke arah lantai. Otot paha dan perut akan bekerja maksimal saat Anda berusaha untuk melakukan posisi duduk. Ambil hitungan saat posisi kepala mendekati lutut dan tahan hingga 2-3 hitungan.
  4. Saat Anda ingin menurunkan badan ke posisi semula, maka tarik nafas agar otot perut kembali santai. Turunkan bagian punggung ke arah lantai secara perlahan-lahan. Ulangi beberapa langkah tersebut dan lakukan dengan benar sehingga otot perut akan melakukan kontraksi dengan baik.


Untuk mendapatkan fungsi yang sempurna saat sit up, maka semua posisi badan harus dilakukan dengan benar. Berikut ini beberapa tips untuk melakukan sit up dengan benar.

  1. Melakukan sit up sesuai dengan langkah-langkah yang benar akan membuat otot perut terjaga dari cedera.
  2. Setiap melakukan gerakan sit yang terus diulang, maka stabilitas dan konsistensi gerakan tubuh diperlukan agar bagian punggung dan perut tidak mengalami cedera.
  3. Jika Anda tidak bisa melakukan sit up sendiri, maka bisa mendapatkan bantuan orang lain. Bantuan dengan penekanan di bagian kaki akan membuat tenaga pada bagian otot perut dan bahu bekerja secara perlahan sehingga bisa menjauhkan tubuh dari cedera.


Jadi, apakah anda masih ragu untuk melakukan sit up secara rutin? Sit up merupakan olahraga yang sangat dianjurkan, karena memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan sit up juga bisa melatih tubuh agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit saat usia sudah lanjut. Melakukan sit up secara rutin bisa dimulai dengan jumlah yang kecil, misalnya sehari 5 kali dan terus bertambah sesuai dengan kekuatan tubuh.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 24th, February 2015 / 12:34 Oleh :
Kategori : Olahraga