Sponsors Link

13 Manfaat Minum Air Es Bagi Kesehatan

Sponsors Link

BAGI Anda yang tinggal di daerah tropis, minum air es di pagi hari terasa sangat menyegarkan. Segelas air dingin mampu melepaskan haus saat kita habis tidur. Yang dimaksud dengan air dingin disini adalah air yang bersuhu sekitar 15 derajat celcius, atau air yang ditambah 2-3 es batu cetakan. Bukan air dingin yang disimpan semalaman dari freezer. Ini penting dipahami agar tidak menimbulkan efek kesehatan lebih lanjut.

ads

Apa manfaat air es / air dingin bagi tubuh?

1. Segelas Air Dingin Saat Bangun Tidur. 

Seluruh organ  tubuh manusia memerlukan air untuk menjalankan metabolismenya. Tidur adalah proses istirahat dan pemulihan setelah beraktivitas sehari sebelumnya. Saat beraktivitas kita akan mengeluarkan banyak cairan. Untuk itu disarankan agar mengonsumsi air dingin setelah bangun tidur. Air dingin pada suhu sejuk (cool) akan menyegarkan kondisi tubuh kita, memperbarui metabolisme organ, jaringan, dan seluruh sel darah kita.

2. Normalkan Suhu Tubuh

Air dingin sangat  berperan dalam menurunkan suhu tubuh dan menggantikan cairan dan elektronik yang hilang melalui keringat. Bisa saat olahraga, atau saat bangun tidur (banyak orang yang ketika tidur berkeringat). Segelas air yang sejuk (cool) akan membantu menetralkan suhu tubuh yang meningkat. Air dingin akan membuat pembuluh menciut kembali dan pori-pori menutup. Akibatnya pengeluaran panas dalam tubuh akan berkurang.

3. Saat Habis Olahraga

Sehabis kita berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. American College  of Sport Medicine merekomendasikan agar mengonsumsi air dingin saat berolahraga atau usai olahraga. Hal ini diperlukan tubuh untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berolahraga. Minum air dingin sangat dianjurkan asalkan tetap ada batasan suhu yang diperbolehkan. Sebagaimana ditulis dalam walking.about.com, air dingin akan mengalir dalam perut lebih cepat menuju usus dan diserap lebih cepat dari kondisi biasa. Proses pencernaan akan terbantu.

4. Mengatur Metabolisme Tubuh

Pada saat berolahraga, aktivitas sebagian organ tubuh terutama, jantung, dan otot-otot akan meningkat. Secara spontan tubuh akan mengeluarkan keringat agar suhu kembali normal. Riset yang dipublikasikan di jurnal Experimental Physiology menyebutkan, konsumsi air dingin saat berolahraga, selain meningkatkan volume air yang dikonsumsi, juga menurunkan suhu tubuh yang naik saat berolahraga. Efeknya, denyut jantung lebih rendah dan teratur, serta tubuh terasa lebih bugar lebih lama.

Baik untuk metabolisme tubuh :

5. Normalkan Detak Jantung.

Jantung akan bekerja keras memompa darah ke seluruh tubuh. Air sangat membantu dalam sirkulasi darah. Dengan konsumsi air dingin maka jantung akan berdetak kembali normal. Yakinlah suhu air dingin dalam kondisi seperti suhu kamar.

Baik untuk detak jantung:

6. Cegah Pusing dan Kebingungan

Kekurangan air akan menyebabkan aliran darah ke otak terganggu.  Darah akan membawa oksigen yang diperlukan untuk aktivitas otak. Hal ini akan menyebabkan seseorang menjadi pusing dan kebingungan. Segelas air yang tidak terlalu dingin akan menormalkan rasa itu.

7. Menurunkan Berat  Badan

Biasanya seusai olahraga akan timbul rasa lapar. Ketika kita makan maka jumlah kaloripun akan menumpuk dalam tubuh. Air dingin akan membuat kita merasa kenyang dan kebutuhan kalori pun menjadi berkurang.  Sedikit air dalam tubuh akan mengurangi tingkat metabolisme tubuh.

Baik untuk menurunkan berat badan:

8. Mencegah Dehidrasi

Air dingin akan meningkatkan kadar air dalam tubuh. Hal ini akan menambah kadar air yang hilang lewat keringat saat beraktivitas sehari-hari. Tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Organ-organ vital dalam tubuh akan terlindungi. Air dingin akan menyeimbangkan sistem limpa, memaksimalkan cairan dan fungsi tubuh Anda dalam keseharian, dan memperkuat sistem imun dan mencegah infeksi.

9. Meningkatkan Kinerja

Air akan menjadi komponen penting dalam aliran darah untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Air dingin akan menyegarkan tubuh yang letih dan lesu. Hal ini akan meningkatkan vitalitas kinerja seseorang serta meningkatklan performa.

10. Cegah Kraam Otot.

Kurangnya air dalam jaringan otot, dapat menyebabkan kraam otot. Air dingin (secukupnya) mampu menggantikan hilangnya  air dan mineral dalam tubuh. Saat minum air dingin, perhatikan suhu air agar tidak suhunya sekitar 15 derajat celcius.

11. Membersihkan Usus. 

Minum air putih saat perut kosong akan memurnikan usus kembali, detoksifikasi, dan membuatnya lebih mudah menyerap nutrisi makanan yang masuk.

Pembersih usus :

12. Menambah Darah dan Mengurangi Kekentalan Darah. 

ads

Ketika tubuh kita lemas, maka dengan minum segelas air dingin akan membantu tubuh membentuk sel darah yang baru, dan membersihkan racun dalam darah. Air yang ada dalam tubuh kita juga akan jadi faktor mengurangi  kekentalan darah.

13. Ginjal Sehat. 

Asupan air minum dingin di pagi hari akan membantu meringankan kerja ginjal sekaligus menjaga kesehatan ginjal. Aliran organ-organ yang terkait dengan urinasi akan lancar.

14. Air untuk Diet.

Air es yang masuk ke tubuh kita memaksa tubuh menetralkan air es agar membakar kalori lebih banyak dari biasanya. Ini akan membantu kita membakar kalori tanpa olahraga keras.

Semakin berkembangnya teknologi, air dingin menjadi sebuah alternatif. Dimana-mana air dingin tersedia. Tinggal pilih mana yang diinginkan.  Yang jelas, konsumsilah air sebatas kewajaran untuk mendapatkan kemanfaatannya. @

Tips Minum Air Dingin

Ada beberapa tips dalam minum air dingin yang perlu diketahui.

  1. Awas Tersedak. Disarankan sehabis olahraga, minum air dingin (dengan suhu tertentu) lakukan sedikit demi sedikit. Air dingin yang diminum sekaligus akan membuat kita tersedak. Bila kemudian berasa pusing, hentikan minum air dingin dan sebaiknya ganti dengan minum air hangat. Biasanya air dingin akan cepat diserap tubuh dibandingkan dengan air hangat atau yang sesuai suhu kamar.
  2. Wanita hamil boleh minum air dingin. Wanita hamil boleh minum air dingin, namun disarankan jangan terlalu sering. Air dingin akan membuat tubuh lebih banyak membakar kalori atau lemak untuk meningkatkan suhu sewaktu memproses air dingin. Akibatnya tubuh akan cepat lelah karena jumlah kalori akan terserap.
  3. Air Dingin Lambat Diserap Sehabis Makan. Air dingin mudah diserap di lambung dan usus, sehingga baik untuk memulihkan energi tubuh. Air dingin yang diminum sehabis makan akan membuat kecepatan sistem metabolisme tubuh menjadi lambat dalam menyerap makanan.
  4. Air Dingin Mineral.  Disarankan mengonsumsi air mineral daripada air yang dimasak sendiri. Kandungan air mineral akan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Air didinginkan dalam suhu kamar.
  5. Konsumsi Air Dingin. Untuk metabolisme yang seimbang, konsumsilah  air dingin dengan suhu sekitar 15 derajat celcius. Atau air yang diberi 2-3 batuan/kubikal es, bukan air yang berasal dari freezer.

Manfaat minum air es harus anda perhatikan tipsnya, jangan pernah konsumsi air es setelah olahraga/ berkeringat, saat sedang sakit atau keluhan lainnya

Baca juga manfaat minum air hangat

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 03rd, April 2015 / 11:15 Oleh :
Kategori : Minuman