13 Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan

Apakah anda pernah mendengar tentang bayam merah? Ya, ternyata selain bayam hijau yang selama ini kita kenal, bayam juga ada yang memiliki warna merah. Mungkin di antara kita banyak yang hanya mengetahui bayam yang memiliki daun berwarna hijau. Sebagai informasi, bayam merah juga ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang tidak kalah banyaknya dengan bayam hijau. Bahkan, bayam merah juga dipercaya bisa bermanfaat bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya. Cara mengkonsumsi bayam merah cukup simpel. Bayam merah bisa digunakan sebagai salad, atau dimasak dengan tambahan bumbu tertentu.

manfaat bayam merahBayam merah dapat tumbuh di daerah dengan iklim tropis seperti di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya, begitu pula di daerah dengan iklim subtropics seperti negara – negara di Amerika. Walaupun begitu, bayam merah akan tumbuh lebih subur jika ditanam di daerah tropis dimana matahari bersinar sepanjang tahun.

Daun bayam merah berbentuk membulat, tebal dan dengan warna merah di keseluruhan batang pohon hingga daunnya. Untuk rasanya, bayam merah memiliki sensasi sedikit rasa manis dan secara keseluruhan, rasa bayam merah tidak jauh berbeda dengan rasa bayam hijau.

Kandungan Gizi Bayam Merah

Bayam merah terbukti rendah akan kalori tinggi akan kandungan berbagai mineral yang sangat berguna untuk tubuh. Selain itu, bayam merah yang masih segar dapat mengandung vitamin C dan vitamin A yang sangat tinggi. Berikut ini tabel kandungan gizi yang terdapat di dalam 100 gram bayam merah, dan persentase berdasarkan jumlah kebutuhan gizi harian yang dianjurkan :

gizi bayam

Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan

Jika anda baru mengetahui mengenai bayam merah, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu mengenai berbagai manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi bayam merah. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Melancarkan Proses Pencernaan

Bayam merah menjadi salah satu sayuran yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan kita. Kandungan di dalam bayam merah dapat membantu mengatur kerja usus – usus kita. Seperti yang sudah disebutkan dalam tabel, bayam merah merupakan sumber serat yang sangat baik karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Baik untuk pencernaan :

  1. Membantu Mengobati Anemia

Kekurangan zat besi di dalam tubuh dapat menyebabkan kita mengalami anemia atau kekurangan darah merah. Bayam merah sendiri mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga bisa menjadi alternatif sayuran yang bisa digunakan sebagai obat anemia. Cara menggunakan bayam merah sebagai obat anemia adalah dengan membuat jus bayam merah. Anda juga bisa menghaluskan bayam merah dan dijadikan pasta untuk campuran makanan lainnya. Atau, anda juga bisa mencampurkan bahan – bahan makanan lain yang alami seperti madu, air perasan lemon, atau telur pada pasta atau jus bayam merah yang sudah anda buat.

Baik untuk anemia:

  1. Menyembuhkan Gangguan Ginjal

Kandungan yang ada di dalam bayam merah juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan atau masalah pada ginjal. Bayam merah sudah terbukti dapat membersihkan ginjal dan mengembalikan fungsi kinjal seperti sedia kala.

Baik untuk mengobati gangguan ginjal:

  1. Membantu Membersihkan Sistem Reproduksi Wanita

Jika anda seorang wanita yang baru melahirkan, bayam merah dapat digunakan sebagai detox. Dengan meminum jus bayam merah secara teratur, kandungan di dalam bayam akan membantuk mendetoksifikasi kotoran yang ada di dalam organ reproduksi setelah melahirkan.

Baik untuk sistem reproduksi wanita :

  1. Mengobati Sakit Disentri

Batang bayam merah sangat baik untuk mengobati sakit disentri. Gunakan sepuluh batang bayam merah, cuci batang – batang tersebut kemudian haluskan menjadi pasta. Lalu beri sedikit garam untuk perasa, peras dan ambil airnya. Minum air perasan bayam tersebut selama sakit disentri berlangsung, dan disentri pun bisa segera sembuh dengan bantuan si bayam merah ini.

Baik untuk disentri:

  1. Menyehatkan Rambut

Dengan air perasaan bayam merah yang sudah dicampur dengan garam, anda juga bisa membuat rambut menjadi lebih indah dan jauh lebih sehat. Cukup dua hingga tiga kali dalam seminggu, jus perasan bayam bisa dengan cara langsung diminum atau dengan menjadikannya sebagai masker untuk rambut anda. kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi, membuat bayam sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan menguatkan akar – akarnya.

Baik untuk rambut:

  1. Menyembuhkan Gigitan Hewan Berbisa

Tahukah anda jika bayam merah dapat mengobati luka akibat gigitan hewan ataupun serangga yang memiliki racun? Luka akibat gigitan hewan atau serangga beracun seperti kalajengking bisa disembuhkan dengan mengguanak bayam merah yang terlebih dahulu dihaluskan. Pasta bayam merah lalu dioleskan pada luka gigitan hewan tersebut.

  1. Membantu Memperbaiki Penglihatan (Kesehatan Mata)

Bayam merah mengandung vitamin A yang sangat tinggi yakni 248% untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh tubuh kita akan vitamin A. Vitamin A sendiri dapat berguna untuk memperbaiki sel – sel yang rusak, dan dapat juga untuk memperbaiki masalah atau gangguan pada mata.

Baik untuk mata :

  1. Sebagai Makanan Diet Paling Ampuh

Tahukah anda jika bayam merah bisa membantu menurunkan berat badan? Bagi anda yang sedang dalam program diet, memperbanyak mengkonsumsi bayam merah bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bayam merah mengandung banyak serat, tetapi rendah akan lemak jenuh ataupun lemak trans, bahkan bayam merah sendiri rendah akan karbohidrat.

Baik untuk diet:

  1. Sebagai Sumber Antioksidan

Bayam merah yang mengandung hampir lebih dari dari keseluruhan kebutuhan harian tubuh akan vitamin A atau sekitar 248%, menjadikan bayam sebagai sumber antioksidan yang jauh lebih baik dari sayuran manapun. Antioksidan dapat berguna untuk menangkal radikal – radikal bebas yang bisa mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker.

Sumber antioksidan:

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh atau sistem imunitas tubuh yang rendah dapat menyebabkan kita dengan mudah terserang penyakit. Dengan konsumsi bayam merah yang dikenal tinggi akan vitamin A, akan membantu kita menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap stabil.

Baik untuk kekebalan tubuh:

  1. Mengobati Demam

Gunakan bayam merah untuk obat demam. Bayam merah sangat berguna untuk meredakan suhu badan yang tinggi dan demam dan dapat mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.

Baik untuk mengobati demam:

  1. Membantu Perkembangan Janin

Folat dan betain juga ternyata menjadi kandungan yang ada di dalam bayam merah. Apa gunanya Folat dan Betain? Kedua unsur ini sangat berguna dalam proses perkembangan dan pertumbuhan janin sehingga ketika kelak lahir bayi tidak mengalami cacat bahkan cenderung menjadi anak yang pintar.

Baik untuk janin :

Saran Penyajian Bayam Merah

Mengkonsumsi bayam merah dapat dengan cara yang cukup simpel. Memakan bayam merah sebagai salad adalah cara yang cukup umum dilakukan. Jus bayam merah dengan campuran sedikit garam juga akan memberikan efek yang sangat baik bagi tubuh. Atau anda dapat dengan menumis bayam merah seperti halnya yang sering anda lakukan untuk bayam hijau. Atau, anda juga mempraktekan resep praktis dan senderhana berikut ini.

  1. Siapkan 175 gram bayam merah. Ambil daunnya, lalu cuci bersih.
  2. Siapkan jagung muda. Cuci bersih, lalu iris dengan bentuk menyerong.
  3. Siapkan bawang putih tiga siung, lalu cincang halus.
  4. Siapkan setengah siung bawang bombay, iris memanjang.
  5. Siapkan cabe merah, lalu cincang dengan kasar.
  6. Lalu, tumis bawang putih, bawang Bombay dan cabe merah. Jika sudah mengeluarkan aroma harum, sisihkan terlebih dahulu kemudian masukan telur. Aduk.
  7. Masukan jagung muda, kecap asin, kecap ikan, garam secukupnya dan merica sesuai selera. Aduk.
  8. Masukan air, biarkan mendidih. Masukan bayam merah beserta minyak wijen. Diamkan hingga matang.
  9. Sajikan.

Cara Penyimpanan Bayam Merah Agar Tahan Lama

Tips untuk cara menyimpan bayam merah agar dapat bertahan hingga seminggu yaitu cukup dengan memasukan bayam merah ke dalam kantong plastik. Keluarkan udara di dalamnya, dan masukan ke dalam kulkas. Bayam merah pun dapat tetap segar hingga maksimal satu minggu kemudian.

Efek Samping Bayam Merah

Manfaat bayam merah memang diyakini sangat banyak dan dapat menambah kebutuhan nutrisi manusia, namun tetap saja harus hati hati dalam konsumsi sayuran ini. Bayam merah memang mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan, bayam merah seperti halnya bayam hijau dapat menyebabkan efek samping pada kesehatan kita.

Tapi jangan khawatir, efek samping – efek samping ini jarang sekali terjadi. Perhatikan banyak bayam merah yang anda konsumsi, hal – hal yang berlebihan memang selalu menimbulkan hal yang tidak baik. Berikut ini efek samping yang mungkin bisa anda alami jika terlalu banyak mengkonsumsi bayam merah:

  • Sakit perut. Bayam merah memiliki kandungan serat yang banyak. Walaupun tubuh membutuhkan asupan serat, tetap saja, jika anda memakannya secara berlebihan dalam satu kali konsumsi, perut dapat mengalami mulas, kram perut, kembung bahkan diare. Satu tips yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi sakit perut setelah makan bayam adalah dengan banyak minum air putih.
  • Gigi terasa berpasir. Bayam merah seperti bayam hijau mengandung banyak asam oxalic. Asam oxalic sendiri mengandung kristal – kristal yang tidak dapat larut di dalam air. Mengkonsumsi bayam merah secara berlebihan akan membuat anda merasa seperti ada pasir pada gigi – gigi anda. Efek samping inilah yang biasanya sering terjadi jika seseorang makan terlalu banyak bayam merah.
  • Nutrisi kurang dapat diserap oleh tubuh. Seperti diketahui, bayam merah mengandung asam oxalic yang cukup banyak, megkonsumsi bayam merah dalam jumlah banyak akan menyebabkan tubuh kurang dapat menyerap nutrisi – nutrisi dalam bayam merah itu sendiri. Ini dikarenakan asam oxalic merupakan sejenis zat kimia yang akan mengikat zat besi serta kalsium. Tips untuk anda penyuka bayam merah, minum segelas jus jeruk setelah mengkonsumsi bayam merah. Vitamin C di dalam jus jeruk akan membantu tubuh menyerap nutrisi.

Manfaat bayam yang paling terasa adalah untuk menjaga kesehatan mata. Bayam adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin a paling tinggi.

,
Post Date: Friday 03rd, April 2015 / 08:07 Oleh :
Kategori : Sayuran