Sponsors Link

10 Manfaat Kacang Pecan Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Manfaat kacang pecan sangat ampuh untuk mencegah penyakit jantung dan penyakit stroke. Kacang pecan termasuk jenis kacang yang memberikan banyak manfaat. Ukurannya kira-kira sebesar jempol pipih orang dewasa. Secara rasa, olahan dari kacang pecan biasanya digunakan sebagai campuran kue kering yang memberikan rasa gurih. Kacang pecan juga sering di cincang dan di taburkan di atas es krim.

ads

Kacang pecan sendiri sangat terkenal di Amerika. Biasanya di Amerika kacang pecan diolah menjadi camilan, isi pie, atau isi kalkun panggang. Rasanya sangat gurih sehingga membuat orang-orang merasa ketagihan. Kacang pecan sangat terkenal di Amerika , karena pohonnya banyak di temukan di Amerika. Kacang pecan merupakan buah dari pohon hickory yang memang berasal dari negeri paman sam. Di Amerika, kacang pecan banyak di temui di Texas dan Georgia.

kacang pecan

Walaupun kacang pecan banyak di hasilkan dari Amerika, Kita masih bisa mendapatkannya di toko bahan kue, pasar swalayan terdekat. Biasanya dijual dengan jumlah banyak di dalam kaleng atau plastic, namun ada juga yang eceran.

Kandungan kacang pecan

Seperti yang di sebutkan bahwa kacang pecan merupakan salah satu jenis yang bermanfaat bagi kita. Kandungannya sangat kaya akan nutrisi. Setiap biji kacang pecan mengandung lebih dari 19 mineral vitamin. Kacang pecan mengandung seng, vitamin E dan A, magnesium, kalium, tembaga, serta vitamin B. yang paling utama dikenal oleh umum, kacang ini memiliki kandungan 65-70% lemak sehat. 65% nya berupa asam lemak oleat, dan 26% nya mengandung asam lemak linoleat. Penelitian lain menyebutkan bahwa satu porsi kacang pecan menganding 200 kalori dan kaya akan serat.

1. Mengatasi penyakit jantung

Beragam penelitian mengungkapkan bahwa kacang pecan bisa mengatasi sel-sel saraf yang rusak dan menggantinya dengan sel-sel baru dalam kasus penyakit jantung. Kadar lemak sehat pada kacang pecan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Penelitian yang dilakukan New Mexico University terhadap penderita hyperlipidemia atau bisa disebut seseorang yang kelebihan kadar lemak darah dengan memberikan mereka segenggam pecan setiap harinya selama delapan minggu berturut-turut. Hasil yang di dapatkan bahwa pecan berhasil menurunkan kadar lemak jahat LDL sebesar 16%. Hasil tersebut dilaporkan ke dalam journal of the American Dietetic Assosiacion 2000.

3. Mencegah Stroke

Oleh sebab kacang pecan mamou menurunkan kadar kolesterol yang tidak dibutuhakn tubuh maka secara otomtais akan mengurangi resiko terkena penyakit seperti stroke. Penelitian lain yang dilakukan menunjukkan bahwa kacang pecan baik untuk menunjang program diet mediterania, dimana tubuh membutuhkan serat, asam lemak tak jenuh tunggal, serta oksidan yang mana kesemua kebutuhan nutrisi ala diet mediterania terdapat pada kacang pecan. Diet mediterania yang di dukung oleh konsumsi kacang pecan akan membantu kondisi lipid darah dalam keadaan sehat sehingga akan mencegah terjadinya stroke.

4. Melancarkan peredaran darah

Laporan lain diungkapkan dalam Journal of Nutrition September 2001 oleh Loma Linda Universitas AS mengungkapkan bahwa pecan memang berkhasiat untuk menurunkan kadar lemak darah. Hal ini baik untuk membantu memperlancar peredaran darah, kolesterol jahat yang tidak di butuhkan oleh tubuh kadangkala menggangu system peredaran darah sehingga menyebabkan resiko penyakit akibat kelebihan kadar kolestreol seperti stroke dan jantung. Lancarnya peredaran darah akan membantu organ tubuh lainnya berfungsi dengan baik karena menerima asupan oksigen yang diikat dalam darah.

5. Mencegah Kanker

Kacang pecan memiliki sifat anti-poliferasi asam ellagic yang artinya kacang pecan memiliki kemampuan untuk mengikat DNA karsinogen tertentu seperti hidrokarbon aromatic polisklik dan nitrosamine. Sifat tersebut membuat tubuh terhindar dari resiko kanker.

ads

6. Menurunkan resiko batu empedu

Studi lain menyebutkan bahwa diet yang ditunjang dengan konsumsi kacang pecan akan membantu menurunkan resiko batu empedu. Karena seperti kita tahu batu empedu di sebabkan oleh kadar kolesterol yang terlalu menumpuk di dalam saluran empedu menuju system pencernaan usus yang akhirnya mengendap membentuk batu empedu yang menyumbat. Kacang pecan yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan memiliki sifat antioksidan akan mencegah pembentukan batu empedu yang terbentuk akibat endapan kolesterol.

7. Menjaga fungsi usus

Selain kaya akan lemak, ternyata kacang pecan juga banyak mengandung serat yang tinggi. Kebutuhan tubuh akan serat setiap harinya sangat tinggi, itu akan membantu penyerapan dalam system pencernaan jadi lebih baik. Dengan makanan yang kaya akan serat akan membuat kita merasa kenyang lebih lama, selain itu kandungan lemak tak jenuh pada kacang pecan juga membantu membersihkan usus besar sehingga terhindar dari infeksi bakteri.

8. Melancarkan BAB

Dampak lainnya selain menjaga fungsi organ pencernaan tubuh kita, secara praktis juga turut memperlancar BAB. Makanan yang kaya akan serat akan memperlancar proses pembuangan dan mencegah sembelit. Jika Anda susah BAB selain mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat seperti papaya, gandaria, manga, dsb, tidak ada salahnya juga di dukung dengan konsumsi kacang pecan yang cukup.

9. Menjaga kesehatan kulit

Kacang pecan merupakan salah satu makanan yang cukup ampuh untuk menjaga kesehatan kulit, kandungan vitamin E yang terdapat dalam kacang pecan sangat bermanfaat untuk kulit. Manfaat vitamin E sendiri sudah terbukti dapat membantu kulit dan mencegah penuaan dini.

10. Menjaga Penuaan Dini 

Masih terkait dengan vitamin E, kacang pecan dapat membantu kita dalam mencegah penuaan dini dan membuat kulit menjadi sehat dan bercahaya.

Manfaat kacang pecan cukup terbukti dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh.  Untuk itu kita dapat mengkonsumsi kacang pecan secara teratur.

Manfaat kacang lainnya :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 12th, March 2015 / 11:59 Oleh :
Kategori : Makanan