Sponsors Link

10 Manfaat Ikan Sembilang Laut Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Banyak orang yang tidak tahu menahu tentang ikan sembilang. Benar, karena ikan ini susah dicari para nelayan. Ikan sembilang disebut pemalu, ia akan bersembunyi ketika nelayan datang. Juga salah satu ikan beracuun yang berbahaya.

Untuk itu ada trik khusus saat menangkapnya. Yakni jangan menyentuh bagian kepala dan sirip, karena letak racun berada disana. Gejala yang timbul saat terkena racun adalah wajah menjadi pucat pasi, badan demam dan susah tidur. Bahkan beberapa orang sampai mengalami kejang-kejang. Lucunya, racun ini hanya bertahan sampai 24 jam saja. Setelah itu korban akan normal sehat lagi.

Beberapa orang salah mengira sebab struktur tubuhnya yang mirip dengan ikan lele. Bedanya ia memiliki 3 patil, yakni ada 1 di punggung dan 2 di sirip. Sehingga beberapa orang menyebut ikan sembilang sebagai ikan lele laut.

Kandungan Gizi pada Ikan Sembilang (Lele Laut)

Ikan yang sulit dijangkau ini ternyata cukup banyak bermanfaat juga. Salah satunya adalah ia kaya akan :

  • Protein
  • Fosfor
  • Asam Lemak Omega 3

Sedangkan nutrisi karbohidrat dan lemak yang rendah sangat cocok untuk anda yang dalam program diet. Namun saya sarankan untuk tidak mengonsumsi ikan sembilang dalam keadaan hamil. Menurut mitos yang tersebar, memakan ikan ini saat kondisi hamil bisa menghilangkan bayi.

Namun alasan sebenarnya adalah ikan sembilang tergolong sebagai ikan lele laut. Sehigga kandungan merkurinya banyak. Menurut penelitian, ibu hamil dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung merkuri banyak. Hal ini disebabkan karena mempengaruhi tumbuh kembang si janin.

Ikan Sembilang

Ikan yang sulit dicari ini juga memiliki khasiat yang menakjubkan. Tentu saja sepadan dengan usaha anda mencarinya.

1. Membantu Proses Kehamilan

ikan sembilangUntuk anda yang sudah lama menikah namun belum dianugrahi keturunan, tidak salah untuk mencoba mengonsumsi makanan ini. Pasalnya menurut orang tua kebanyakan, ikan sembilang mampu menstimulus hormone yang mempercepat kehamilan. Namun menurut kebenaran melalui pengalaman beberapa orang dulu yang mencoba, ternyata hasilnya positif. Meskipun secara ilmiah belum mampu dibuktikan. Tak salah anda mencoba.

Baik untuk ibu hamil:

2. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid

Ini juga berita yang bersumber dari orang Jawa Barat. Mereka mengatakan bahwa pernah mengalami kesakitan saat menstruasi. Namun setelah mengonsumsi ikan sembilang, rasa sakit mulai berkurang. Secara ilmiah memang belum dapat dibuktikan. Sebab keberadaan ikan sembilang sendiri merupakan karakteristik fauna Indonesia.

Baik untuk mengatasi nyeri haid:

3. Pelindung Jantung

Manfaat umum yang dimiliki oleh sebangsa ikan adalah kandungan zat asam lemak tak jenuh, yakni omega . Kinerja yang dihasilkan menurut penelitian terakhir adalah mencegah irama jantung. Hal ini dinamakan dengan Fibrilasi Atial (FA).  Penemuan ini sudah dibuktikan di dlaam Journal Circulation tahun 2004.

Baik untuk jantung :

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kegunaan asam lemak tak jenuh jenis Omega 3 yang mengandung DHA dan EPA adalah mampu mengontrol lemak. Sehingga jika didalam tubuh anda memiliki kadar lemak berlebihan, akan diikat dan dibuang oleh onega 3. Sehingga kolestrol dalam tubuh menjadi normal dan terkontrol dengan baik.

Baik darah tinggi:

5. Mencegah Penggumpalan Darah

Fungsi lain yang anda dapatkan dari Omega 3 adalah mampu membantu untuk penggumpalan darah. Karena jaringan protein yang dihasilkan membantu pekerjaan fibrinogen. Yakni dalam proses pembentukan benang-benang fibrin untuk menutup luka.

baik untuk mencegah penggumpalan darah:

6. Pembentukan Sel Otak

Fungsi yang paling penting dihasilkan oleh asam lemak omega 3 adalah membantu pembentukan jaringan otak. Sudah banyak pembuktian ilmiah yang mengulasnya. Salah satunya dalam acara ISSFAL (International Society for the Study of Fatty Acids and Lipids) yang diadakan di Stockholm. Bahwa sebagian besar jaringan otak berasal dari rangsangan Omega 3.

Mereka juga menganjurkan untuk pemberian omega 3 untuk anak-anak. Gunanya untuk merangsang perkembangan dan pertumbuhan sel otak. Penelitian membuktikan bahwa anak yang dirangsang dengan pemberian minyak ikan (kandungan omega 3) memiliki memori (mengingat) lebih bagus.

Baik untuk otak :

7. Mengurangi Artherosklerosis

Adanya bintil-bintil dalam pembuluh darah sangat berbahaya. Hal ini dapat menjadi pemicu jantung koroner (PJK).  Penyumbatan di pembuluh tersebut biasa disebut Arterosklerosis. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi Omega 3 yang ada di dalam ikan.

Baik untuk mengurangi Artherosklerosis:

8. Mengurangi Kolesterol Tinggi

sponsored links

Sudah menjadi hal lazim jika orang tua atau yang sudah berusia lanjut mengalami kolestrol tinggi. Hal ini termasuk salah satu penyakit degenerative. Solusi untuk mengatasi adalah dengan pengonsumsian asam linoleat yang ada dalam ikan. Asam tersebut termasuk salah satu jenis lemak yang essensial. Tubuh akan mengolahnya menjadi omega 3 yang baik untuk mengurangi kolesterol. Anda juga bisa mengkonsumsinya demi menjaga dan mengontrol kolesterol.

Baik untuk mengurangi kolesterol tinggi:

9. Pertumbuhan Anak

Kandungan ikan lele laut ini adalah kaya akan protein yang bagus untuk pertumbuhan anak. Salah satu nutrisinya adalah Leusin yang membantu untuk perombakan dan pembentukan otot. Sehingga makanan ini cocok untuk anda hidangkan dalam satu porsi sarapan anak.

Baik juga untuk pertumbuhan anak:

10. Membantu Proses Pencernaan

Memakan ikan menjadi salah satu bukti anda menyayangi usus dan lambung. Pada proses pencernaan ikan tidak lama, karena strukturnya yang pendek. Sehingga pengolahanya untuk metabolisme tubuh cepat. Nutrisi yang terkandung juga lebih cepat diserap dan digunakan tubuh.

Baik untuk pencernaan:

Manfaat ikan Sembilang masih banyak yang tersembunyi. Karena belum banyak penelitian yang membuktikan tentang kandungan gizinya. Apalagi ikan ini hanya ada diprairan Indonesia. Sehingga masih banyak pengetahuan lain yang belum mampu terpublikasi. Meski begitu, ikan ini mengandung banyak mitos yang banyak secara simpang siur berkembang di lingkungan masyarakat sekitar.

Efek samping

Anda harus memahami bahwa ikan sembilang memiliki duri yang cukup beracun, jadi jangan sampai anda terkena tertusuk duri ikan sembilang. Duri ikan sembilang juga disebut patil, jadi jangan sampai terkena patil ikan sembilang bisa bisa anda langsung pucat keracunan dan harus di bawa ke rumah sakit.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 14th, April 2015 / 14:46 Oleh :
Kategori : Daging